La Vie En Rose

Lifestyle. Motherhood. Beauty.

Saturday, January 30, 2021

Masak Lezat dan Sehat Bersama Royco Garam Beriodium

 Assalamualaikum Buk ibuk,

Ada yang ngerasa nggak sih, selama pandemi gini.. suami kebanyakan WFH, anak-anak juga sekolah online, yang mana lebih banyak ngabisin waktu di rumah. Otomatis jadi lebih banyak makan di rumah daripada jajan, hehehe.. Kadang suka bingung dan keabisan ide nggak sih mau masak-masak apa lagi ya buat keluarga biar nggak bosen? tapi juga harus tetep sehat. 


Nah pas banget, tanggal 25 Januari kemarin, dalam rangka Hari Gizi Nasional saya dan ibu-ibu dari KEB (Kumpulan Emak Blogger) berkesempatan mengikuti acara "Virtual Launch - Royco Garam Beriodium". Selain banyak dapat ilmu tentang dunia gizi, ada demo masak juga oleh para public figure! makin excited deh.


Menurut Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB University, negara kita masih memiliki beban hidden hunger yang besar, kondisi yang timbul akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink ini telah menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berkepanjangan. 




Sedangkan menurut dr. Diana F. Suganda, Sp, GK, M.Kes., Ahli Gizi Keluarga, salah satu zat penting dalam hal pengentasan masalah gizi adalah iodium yang berguna untuk kebutuhan natrium. 


Apa sih Iodium?


Kalau saya flashback ke jaman SD sekolah dulu, pernah ingat pelajaran Biologi kalau iodium itu adalah zat yang ada di garam dan bisa mencegah leher godokan. Nah menurut dr. Diana, iodium adalah zat mikronutrien mineral yang akan membentuk tiroid untuk perkembangan syaraf. Zat ini sangat penting bagi tubuh kita. 


Kekurangan iodium pada ibu hamil akan mengurangi intelegensi pada anak karena berfungsi utnuk pertumbuhan otak anak. Untuk dewasa bisa menyebabkan kesulitan hamil dan gangguan menstruasi. Sedangkan dampak panjang kekurangan iodium yaitu tinggi badan lebih pendek, lalu bisa menyebabkan gondok yaitu pembesaran kelenjar tiroid. Kebutuhan iodium tiap usia berbeda-beda. Semakin dewasa makan kebutuhannya semakin tinggi. Salah satu contoh makanan tinggi iodium adalah makanan laut seperti ikan, udang, cumi, kerang.


Disini peran Ibu sangat penting terhadap pengetahuan ilmu keluarga. Salah satu solusi untuk masalah pemenuhan gizi adalah bahan makanan sebaiknya divariasikan setiap hari. Tipsnya menyusun menu makanan dalam seminggu.


Contohnya dalam menyusun sepiring makanan ada karbo, sayur-sayuran, (semakin banyak warna, mengandung mikronutrien yang banyak), lauk yang beragam dan buah. Gizi yang bagus nggak harus mahal ya bu ibu.. Masih banyak sumber gizi lokal yang bagus. Yang terpenting nutrisinya lengkap dan jangan hanya asal kenyang.


Mbak Tantri Syaliandri Ichlasari (penyanyi dan ibu 2 anak) bercerita kalau ia suka belanja di pasar tradisional dibanding di supermarket karena lebih merakyat dan ekonomis. Untuk menyusun menu makanan dalam seminggu suka bertanya pada anak mau makan apa saja setiap hari agar lebih efektif.


 

Konsep #ISIPIRINGKU dari Kemenkes


Tahukah bu ibuk, kalau jaman kita dulu ada istilah "4 Sehat 5 Sempurna", sekarang jargonnya sudah berubah menjadi "Isi Piringku". Isi Piringku adalah program untuk memahami seperti apa porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi. 


Porsi Isi Piringku terdiri dari makanan pokok, yaitu sumber karbohidrat dengan porsi 2/3 dan 1/2 piring. Setelah itu dilengkapi lauk pauk sebanyak 1/3 porsi dan 1/2 porsi. Lalu setengah piring lainnya dengan proporsi sayur-sayuran seukuran 2/3 porsi, dan buah-buahan 1/3 porsi. 



 

Oh ya untuk konsumsi gula, baiknya maksimal sehari 4 sendok kecil saja ya bu ibuk :D


Royco memiliki rangkaian edukasi dari tahun 2019 sesuai dengan konsep #IsiPiringku untuk meningkatkan status gizi masyarakat. Di kota Garut dan Cianjur sudah dilakukan edukasinya dan remaja-remaja di pondok pesantren juga sudah diedukasi. Salut deh buat Royco.


Varian Baru Royco Garam Beriodium


Siapa disini yang kalau masak kalau belum ditambahin Royco kayak ada yang kurang? hahaha. Saya pun begitu kalau belum ditambahin Royco kok kayaknya lezatnya kurang nendang. hehe.


Kini, untuk membantu kebutuhan iodium masyarakat Indonesia, Royco mengeluarkan varian terbarunya yaitu Royco Garam Berioidium yang bisa membantu memenuhi 15% kebutuhan iodium kita. 




Jangan khawatir bu ibuk, meski varian baru yang lebih ok, tapi harganya nggak berubah kok  jadi tetap ekonomis lah yaa hehe. 


Selain itu Royco juga bebas bahan pengawet. Jadi aman untuk seluruh anggota keluarga.  





Nah di virtual event kemarin, juga ada demo masak dari Chef Norman dan Mbak Tantri. Uniknya, menunya tuh anti mainstream banget soalnya sengaja dirancang oleh Chef Norman biar bervariasi namun tetap enak dan bergizi lengkap. Ada 2 menu yaitu : 


1. Nasi Kacang Hijau Ubi

2. Steam Ikan Kembung Daun Kelor




hemh.. jujur saya sih suka aja sama kacang hijau tapi kalo dicampur nasi kayak gini sih mikir-mikir dulu yaa hahhaa.. menurut chef Norman kreasinya sengaja dibuat agar anak-anak tidak bosan dan gizinya lebih lengkap. (Kalau saya liat hasil masakan Chef Norman kok kayak enak-enak semua ya meski masakannya unik) :D 


Kalau ikan kembung setau saya meski harganya tidak semahal ikan salmon tapi kandungan Omega 3 nya malah lebih tinggi dibanding ikan salmon! hehe. Apalagi ditambah daun kelor yang manfaatnya banyak banget. Nggak lupa Chef Norman menambahkan Royco Beriodium ke dalam masakannya. Menurutnya, karena Royconya sudah mengandung iodium jadi kalau tidak mau menambahkan garam lagi juga nggak masalah.


Lalu mbak Tantri juga sharing saat ia kebingungan masak apa lagi untuk menu sehari-hari, ia suka melihat referensi menu di website Royco! yaitu Royco Nutrimenu .


 




Royco Nutrimenu merupakan inspirasi resep makanan lezat bernutrisi untuk seluruh anggota keluarga. Terbuat dari bahan-bahan yang mampu mencukupi kebutuhan gizi untuk #BantuTumbuhSesuai dan terhindar dari kondisi hidden hunger! 


Nah makin tercerahkan deh sekarang kalau mau masak lebih paham ilmunya dan dapat inspirasi masak lezat dan sehat bersama #RoycoGaramBeriodium! 


Kalau saya sih masakan wajib yang pakai Royco adalah sayur sop! makanan favorit sejuta rakyat Indonesia... hehehe. Bagaimana dengan masakan ibu ibuk lainnya? Share donk!


Terima kasih sudah membaca, 



Salam :) 



Inka











9 comments on "Masak Lezat dan Sehat Bersama Royco Garam Beriodium"
  1. Berarti kalo Royconya udah beriodium gak perlu nambah garem juga bisa ya bun?

    ReplyDelete
  2. Aku juga bun klo gak pakai royco kayak ada yang kurang hehe

    ReplyDelete
  3. royco selalu ada disetiap aku memasak, apa aja pake royco..diukur2 secukupnnya sehingga menambah rasa enak pada sop ayam aku

    ReplyDelete
  4. sejak dirumahkan dan di rumah aja aku memang cukup rajin masak dan nyobain banyak menu, terus juga menggunakan kaldu seperti royco ini, bikin makanan enak, lezat plus sehat juga ya

    ReplyDelete
  5. Royco emang jadi andalan ibu jaman now. Aku tu masak sayur Sop sayur capcai sayur asem sampe cream soup juga menggunakan Royco. Memasak jadi mudah dan menyenangkan!

    ReplyDelete
  6. Kalau jaman belajar di sekolah dulu, ditulisnya Yodium, pakai huruf "Y", itu nggak ngaruh ya? :)

    ReplyDelete
  7. Emang ya mbak, kalo gak pake Royco, kayak ada yang kurang gituuu.. Hihihi. Makasih yaa udah sharing :D

    ReplyDelete
  8. Royco ada varian garam beriodiumnya jadi ibu-ibu masak nggak ragu pakainya. Karena kandungan itu bagus buat kesehatan kita.

    ReplyDelete
  9. Kalau pakai royko, masak apapun hasilnya akan enak. Soalnya kujuga ada nih stok royko di rumah. Apalagi ada varian garam beryodiumnya ya,

    ReplyDelete

Salam,

Salam,