La Vie En Rose

Lifestyle. Motherhood. Beauty.

Wednesday, August 5, 2020

Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit

Assalamualaikum All, 

Banyak orang sekarang ini yang menilai bahwa kepemilikan kartu kredit akan menyebabkan berbagai masalah keuangan, salah satunya jeratan hutang. Sebab adanya kartu pembayaran elektronik ini sering kali membuat sifat boros mencuat ke permukaan. Bahkan kondisi aktual di lapangan memang menunjukan angka pemegang kartu kredit yang terjerat hutang selalu saja merangkak naik.

 


Namun, benarkah kartu transaksi ini kemudian membuat gaya hidup semakin boros? Ternyata tidak selalu demikian, karena kartu kredit fungsi utamanya adalah untuk mempermudah transaksi pembayaran. Supaya bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu menunggu tanggal muda. Maka kembali kepada tata kelola pemegang untuk memakainya dengan bijak.

 

Bahkan jika cukup cermat dalam menggunakan kartu kredit maka akan semakin hemat dan jauh dari sifat boros. Lantas, bagaimana memanfaatkan kartu pembayaran elektronik ini untuk berhemat? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit

Supaya semakin hemat dan tidak boros berlebihan setelah memiliki kartu kredit, maka bisa melakukan sejumlah tips berikut ini:

 

  1. Memaksimalkan Promo

Promo untuk pemegang kartu kredit sebenarnya sangat banyak meski ada sejumlah syarat dan ketentuan yang menyertainya. Namun jika memang membuat Anda hemat, mengapa tidak dimaksimalkan? Ada baiknya untuk rutin mengecek promo khususnya saat pertama kali menerima kartu kredit tersebut.

 

Pasalnya pihak bank senantiasa memberi promo khusus untuk pemegang baru yang bisa dipakai belanja secara hemat. Promo ini bisa berupa reward point, cashback, maupun diskon dalam presentasi yang lumayan. Cek syarat dan ketentuan supaya promo kartu kredit ini bisa Anda nikmati secara maksimal.

 

  1. Memanfaatkan Reward Point

Salah satu daya tarik dari kepemilikan kartu kredit adalah mendapatkan reward point yang bisa ditukarkan secara berkala dengan produk dan layanan menarik. Reward point ini biasanya akan bertambah setiap kali melakukan transaksi belanja. Ketika sudah mencapai jumlah tertentu maka bisa ditukarkan sesuai kebijakan penerbit kartu tersebut.

 

Misalnya memakai reward point kartu kredit tersebut untuk belanja sehingga tidak perlu keluar uang sendiri. Menyadari bahwa reward point yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk berhemat. Maka bisa lebih rajin untuk mengumpulkannya. Cek masa kadaluarsanya supaya tidak menguap begitu saja.

 

  1. Cermat Memilih Kartu Kredit

Saat pertama kali membuat kartu kredit ada baiknya untuk melakukan survei dengan membandingkan kebijakan masing-masing penerbit kartu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kartu yang menguntungkan karena memberi banyak promo menarik. Sehingga bisa menikmati diskon maupun cashback setiap kali menggunakannya untuk belanja.

 

  1. Memilih yang Sesuai Kebutuhan

Tips bijak berikutnya agar tidak salah dalam menggunakan kartu kredit adalah dengan memilih yang sesuai kebutuhan. Misalnya saja mencari kartu yang bekerjasama dengan tempat belanja langganan. Sehingga setiap kali belanja di tempat tersebut Anda bisa panen diskon maupun cashback dan reward point.

 

Maka cari kartu kredit yang memang bekerjasama dengan merchant yang menjadi langganan Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan kartu tersebut memang sesuai dengan kebutuhan. Sekaligus memaksimalkan promo yang ditawarkan oleh penerbit kartu. Sebab percuma ada promo tapi di merchant yang tidak pernah Anda kunjungi.

 

  1. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Kesalahan pemegang kartu kredit sehingga cenderung boros dan berpotensi terjerat hutang adalah menunda pembayaran tagihan. Sudah bukan rahasia kalau telat dalam membayar maka pemegang kartu akan dikenakan denda. Untuk mencegah pemborosan sebaiknya tagihan dibayar tepat waktu, dan akan lebih baik lagi jika tagihan kartu kredit dibayar sebelum jatuh tempo.

 

  1. Jangan Dipakai untuk Berhutang

Sebelum mengurus pembuatan kartu kredit pastikan sudah memiliki mindset bahwa kartu ini adalah kartu pembayaran bukan kartu utang. Jika pola pikirnya sudah benar maka dijamin akan menggunakannya dengan bijak. Tidak asal dipakai belanja sehingga tidak terkontrol yang membuat tagihan meroket dan melebihi kapasitas finansial yang dimiliki.

 

  1. Tidak Dipakai Tarik Tunai

Kartu kredit juga bisa difungsikan sebagai kartu debit karena bisa dipakai tarik tunai di mesin ATM. Hanya saja berbeda dengan kartu debit yang tidak dibebankan biaya saat penarikan uang tunai. Kartu satu ini memiliki biaya yang menyertai kegiatan tarik tunai, maka penting untuk menghindari tindakan ini.

 

Supaya tagihan tidak hanya berisi biaya-biaya tarik tunai yang membuat pengeluaran meroket. Apabila memang dalam situasi mendesak untuk melakukan penarikan uang tunai memakai kartu kredit. Maka silahkan dilakukan, hanya saja jangan sampai menjadi kebiasaan.

 

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Merasa boros setelah memegang kartu kredit? Bisa jadi karena Anda belum bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja. Sehingga membeli barang maupun jasa yang sebenarnya bukan kebutuhan melainkan hanya keinginan. Penggunaan yang berlebihan dan tidak terkontrol praktis membuat tagihan membludak.

 

Maka muncul resiko tidak mampu membayar tagihan kartu kredit tersebut, sehingga terjerat hutang. Oleh sebab itu penting sekali untuk memanfaatkan kartu ini dengan sebijak mungkin. Supaya tidak perlu berurusan dengan tagihan yang membengkak dan akhirnya menunggak. Gunakan jika memang diperlukan dan untuk kebutuhan yang memang perlu segera dipenuhi.

 

Pada dasarnya kepemilikan kartu kredit akan memberi kemudahan pada aktivitas belanja yang dilakukan. Hanya saja karena sifat kartu yang tidak menuntut adanya saldo tunai, maka penggunaanya perlu dikontrol secermat mungkin. Supaya bisa hemat secara maksimal maka bisa melakukan sejumlah tips di atas.

 

Apabila saat ini sedang mencari kartu kredit terbaik dan mencari tempat yang tepat untuk pengajuannya. Maka bisa berkunjung ke CekAja.com, silahkan klik link di bawah ini. https://www.cekaja.com/kartu-kredit/

 

Situs CekAja.com merupakan platform toko finansial online, sehingga tersedia informasi lengkap terkait kartu kredit maupun produk keuangan lainnya. Menariknya, disini Anda bisa mempelajari dulu semua produk finansial yang tersedia. Sehingga bisa memilih produk yang memang sesuai kebutuhan dan memberi paling banyak keuntungan. 

So, gimana teman-teman sudah tercerahkankah untuk penggunaan kartu kredit?


Terima kasih sudah membaca :)


Salam, 


Inka



Be First to Post Comment !
Post a Comment

Salam,

Salam,