La Vie En Rose

Lifestyle. Motherhood. Beauty.

Wednesday, August 5, 2020

Faktor Penentu Harga Premi Asuransi Mobil Murah

Assalamualaikum,

Memiliki mobil pribadi dari hasil jerih payah bekerja selama bertahun-tahun tentu sangat membanggakan! Baik masih lajang atau pun sudah berumah tangga, memiliki mobil bisa

 menjadi penyemangat saat bekerja maupun aset masa depan. Anda tidak perlu lagi repot membayar ojek online berkali-kali jalan yang harganya lebih mahal daripada bensin harian! Namun coba cek, apakah Anda juga sudah memiliki asuransi mobil murah?

 

Mungkin Anda masih berpikir kenapa Anda perlu memiliki asuransi mobil murah. Apalagi latar belakang Anda yang belum pernah menabrakkan mobil atau kendaraan lain. Ya, masih banyak orang yang enggan untuk membeli asuransi mobil murah karena merasa tidak akan terjadi apa-apa dengan kemampuan mengemudi yang baik.

 

Pasalnya, kecelakaan bukan soal Anda menabrak siapa, tapi Anda ditabrak siapa. Ada lebih dari 296 kecelakaan setiap harinya di seluruh Indonesia. Siapapun pelakunya, hasilnya tetap sama: kendaraan menjadi penyok, tergores, bahkan mungkin rusak berat!

 

Wah, wah. Tentulah memperbaiki mobil menjadi masalah baru lagi untuk Anda! Apalagi setelah Anda membayar cicilan atau biaya pembelian mobil Anda!

 

Di sinilah peran asuransi mobil murah bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Secara singkat, mendaftarkan mobil Anda ke penyedia asuransi mobil murah berarti Anda sudah menyelamatkan finansial Anda di masa depan. Ya, asuransi mobil murah bertujuan untuk menghindarkan Anda dari resiko-resiko musibah yang bisa membuang uang Anda dan menghabiskan waktu Anda!

 

Jika Anda mengalami tabrakan mulai dari ringan hingga berat atau bahkan kehilangan, asuransi mobil murah bisa menggantinya segera! Bahkan beberapa penyedia asuransi mobil murah menawarkan perlindungan dari resiko-resiko seperti huru-hara, banjir, maupun gempa bumi.

 

Cara kerja asuransi mobil murah

Secara garis besar, asuransi mobil murah akan meminta Anda untuk membayar premi atau biaya iuran setiap bulan atau tahun, sesuai kesepakatan. Uang Anda akan dimasukkan ke dalam tabungan raksasa yang juga berisi uang premi dari nasabah lainnya. Nantinya jika Anda mengalami musibah seperti tabrakan atau banjir misalnya, Anda akan diganti sejumlah uang atau perbaikan di bengkel menggunakan tabungan ini.

 

Memang, ini artinya Anda harus mengeluarkan uang lebih di samping cicilan atau pun pembelian mobil. Namun hal ini lebih murah daripada Anda harus menanggung biaya perbaikan atau pun lainnya jika terjadi suatu musibah.

 

Faktor-faktor penentu harga premi asuransi mobil murah

Bukan rahasia lagi jika harga premi asuransi mobil murah menjadi alasan mengapa masyarakat Indonesia masih enggan untuk membayar. Di samping itu, masyarakat Indonesia juga cenderung berpikir ‘musibah ya musibah’. Padahal tentunya hal ini bukan musibah jika sudah dipersiapkan sebelumnya!

 

Umumnya, harga premi asuransi mobil murah adalah 1-4% dari harga mobil yang harus dibayar setiap tahun, namun ada pula yang menerima cicilan setiap bulan. Untuk memahami harga premi asuransi mobil murah lebih dalam, berikut adalah faktor-faktor yang menentukan harganya:

 

  1. Jenis asuransi mobil murah Anda

Anda wajib mengetahui 2 jenis asuransi mobil murah di Indonesia. Yang pertama adalah asuransi All Risk, yaitu melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Bahkan beberapa juga menawarkan perlindungan dari kehilangan.

 

Yang kedua adalah Total Loss Only, yaitu fokus pada perlindungan resiko kehilangan alias pencurian saja. Asuransi mobil murah ini juga bisa menanggung kerusakan, namun dengan syarat bahwa perkiraan biaya perbaikannya sama dengan atau melebihi 75 persen harga kendaraan.

 

Harga asuransi All Risk lebih mahal apalagi memiliki loading rate yang semakin mahal seiring bertambahnya usia kendaraan Anda. Umumnya mobil di atas 5-10 tahun hanya bisa asuransi mobil murah Total Loss Only saja.

 

  1. Jenis kendaraan Anda

Jenis kendaraan tentu sangat berpengaruh pada nilai premi Anda! Ini dikarenakan premi Anda dihitung berdasarkan persentase dari nilai kendaraan Anda. Umumnya, semakin tinggi nilai kendaraan, maka semakin turun persentasenya. Namun tentu saja harga preminya semakin tinggi, kan?

 

Sebagai gambaran, harga mobil Toyota Avanza seharga Rp 150 juta memiliki premi 3% sehingga Anda harus membayar Rp 4.500.000 setiap tahun. Berbeda dengan Toyota Fortuner seharga Rp 500 juta dengan premi 1%, sehingga Anda membayar Rp 5.000.000 setiap tahunnya.

 

  1. Tahun keluaran kendaraan Anda

Tahun kendaraan sangat mempengaruhi nilai premi asuransi mobil murah. Ini dikarenakan penyedia asuransi akan memperhitungkan resiko dan ketersediaan suku cadang mobil Anda. Umumnya, semakin lama usia mobil Anda, maka semakin mahal khususnya pada asuransi All Risk yang menerapkan loading rate sebesar 5% dikali usia mobil Anda.

 

  1. Jenis plat dan lokasi kendaraan untuk asuransi mobil murah

Tanpa disadari, lokasi mobil Anda juga menentukan besaran harga premi yang harus Anda bayarkan. Inilah mengapa Anda perlu memasukkan plat nomor Anda untuk menentukan harganya.

 

  1. Penggunaan pribadi atau komersial

Tentunya penggunaan pribadi cenderung lebih rendah resiko dibanding komersial seperti rental mobil, bukan? Penyedia asuransi mobil murah umumnya memiliki jenis layanan berbeda untuk penggunaan pribadi dan komersial. Jadi pastikan untuk menjelaskan tujuan penggunaanmu agar tidak repot saat klaim.

 

Lalu bagaimana cara mencari harga premi asuransi mobil murah yang paling terjangkau? Caranya cukup mudah: kunjungi laman Cekaja.com lalu klik di ‘Asuransi Kendaraan’. Masukkan data kendaraan dan data diri untuk memulai simulasi harga premi. Nantinya, Anda akan langsung mendapatkan perbandingan harga asuransi mobil murah se-Indonesia, lho! Mudah sekali bukan?

 

Asuransi mobil murah menjadi salah satu investasi penting untuk kesejahteraan finansial Anda. Yuk menjadi cerdas dan cermat dengan Cekaja.com!

 

https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/

 

Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.

Terima kasih sudah membaca, 

Salam, 

Inka 

Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit

Assalamualaikum All, 

Banyak orang sekarang ini yang menilai bahwa kepemilikan kartu kredit akan menyebabkan berbagai masalah keuangan, salah satunya jeratan hutang. Sebab adanya kartu pembayaran elektronik ini sering kali membuat sifat boros mencuat ke permukaan. Bahkan kondisi aktual di lapangan memang menunjukan angka pemegang kartu kredit yang terjerat hutang selalu saja merangkak naik.

 


Namun, benarkah kartu transaksi ini kemudian membuat gaya hidup semakin boros? Ternyata tidak selalu demikian, karena kartu kredit fungsi utamanya adalah untuk mempermudah transaksi pembayaran. Supaya bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu menunggu tanggal muda. Maka kembali kepada tata kelola pemegang untuk memakainya dengan bijak.

 

Bahkan jika cukup cermat dalam menggunakan kartu kredit maka akan semakin hemat dan jauh dari sifat boros. Lantas, bagaimana memanfaatkan kartu pembayaran elektronik ini untuk berhemat? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit

Supaya semakin hemat dan tidak boros berlebihan setelah memiliki kartu kredit, maka bisa melakukan sejumlah tips berikut ini:

 

  1. Memaksimalkan Promo

Promo untuk pemegang kartu kredit sebenarnya sangat banyak meski ada sejumlah syarat dan ketentuan yang menyertainya. Namun jika memang membuat Anda hemat, mengapa tidak dimaksimalkan? Ada baiknya untuk rutin mengecek promo khususnya saat pertama kali menerima kartu kredit tersebut.

 

Pasalnya pihak bank senantiasa memberi promo khusus untuk pemegang baru yang bisa dipakai belanja secara hemat. Promo ini bisa berupa reward point, cashback, maupun diskon dalam presentasi yang lumayan. Cek syarat dan ketentuan supaya promo kartu kredit ini bisa Anda nikmati secara maksimal.

 

  1. Memanfaatkan Reward Point

Salah satu daya tarik dari kepemilikan kartu kredit adalah mendapatkan reward point yang bisa ditukarkan secara berkala dengan produk dan layanan menarik. Reward point ini biasanya akan bertambah setiap kali melakukan transaksi belanja. Ketika sudah mencapai jumlah tertentu maka bisa ditukarkan sesuai kebijakan penerbit kartu tersebut.

 

Misalnya memakai reward point kartu kredit tersebut untuk belanja sehingga tidak perlu keluar uang sendiri. Menyadari bahwa reward point yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk berhemat. Maka bisa lebih rajin untuk mengumpulkannya. Cek masa kadaluarsanya supaya tidak menguap begitu saja.

 

  1. Cermat Memilih Kartu Kredit

Saat pertama kali membuat kartu kredit ada baiknya untuk melakukan survei dengan membandingkan kebijakan masing-masing penerbit kartu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kartu yang menguntungkan karena memberi banyak promo menarik. Sehingga bisa menikmati diskon maupun cashback setiap kali menggunakannya untuk belanja.

 

  1. Memilih yang Sesuai Kebutuhan

Tips bijak berikutnya agar tidak salah dalam menggunakan kartu kredit adalah dengan memilih yang sesuai kebutuhan. Misalnya saja mencari kartu yang bekerjasama dengan tempat belanja langganan. Sehingga setiap kali belanja di tempat tersebut Anda bisa panen diskon maupun cashback dan reward point.

 

Maka cari kartu kredit yang memang bekerjasama dengan merchant yang menjadi langganan Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan kartu tersebut memang sesuai dengan kebutuhan. Sekaligus memaksimalkan promo yang ditawarkan oleh penerbit kartu. Sebab percuma ada promo tapi di merchant yang tidak pernah Anda kunjungi.

 

  1. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Kesalahan pemegang kartu kredit sehingga cenderung boros dan berpotensi terjerat hutang adalah menunda pembayaran tagihan. Sudah bukan rahasia kalau telat dalam membayar maka pemegang kartu akan dikenakan denda. Untuk mencegah pemborosan sebaiknya tagihan dibayar tepat waktu, dan akan lebih baik lagi jika tagihan kartu kredit dibayar sebelum jatuh tempo.

 

  1. Jangan Dipakai untuk Berhutang

Sebelum mengurus pembuatan kartu kredit pastikan sudah memiliki mindset bahwa kartu ini adalah kartu pembayaran bukan kartu utang. Jika pola pikirnya sudah benar maka dijamin akan menggunakannya dengan bijak. Tidak asal dipakai belanja sehingga tidak terkontrol yang membuat tagihan meroket dan melebihi kapasitas finansial yang dimiliki.

 

  1. Tidak Dipakai Tarik Tunai

Kartu kredit juga bisa difungsikan sebagai kartu debit karena bisa dipakai tarik tunai di mesin ATM. Hanya saja berbeda dengan kartu debit yang tidak dibebankan biaya saat penarikan uang tunai. Kartu satu ini memiliki biaya yang menyertai kegiatan tarik tunai, maka penting untuk menghindari tindakan ini.

 

Supaya tagihan tidak hanya berisi biaya-biaya tarik tunai yang membuat pengeluaran meroket. Apabila memang dalam situasi mendesak untuk melakukan penarikan uang tunai memakai kartu kredit. Maka silahkan dilakukan, hanya saja jangan sampai menjadi kebiasaan.

 

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Merasa boros setelah memegang kartu kredit? Bisa jadi karena Anda belum bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja. Sehingga membeli barang maupun jasa yang sebenarnya bukan kebutuhan melainkan hanya keinginan. Penggunaan yang berlebihan dan tidak terkontrol praktis membuat tagihan membludak.

 

Maka muncul resiko tidak mampu membayar tagihan kartu kredit tersebut, sehingga terjerat hutang. Oleh sebab itu penting sekali untuk memanfaatkan kartu ini dengan sebijak mungkin. Supaya tidak perlu berurusan dengan tagihan yang membengkak dan akhirnya menunggak. Gunakan jika memang diperlukan dan untuk kebutuhan yang memang perlu segera dipenuhi.

 

Pada dasarnya kepemilikan kartu kredit akan memberi kemudahan pada aktivitas belanja yang dilakukan. Hanya saja karena sifat kartu yang tidak menuntut adanya saldo tunai, maka penggunaanya perlu dikontrol secermat mungkin. Supaya bisa hemat secara maksimal maka bisa melakukan sejumlah tips di atas.

 

Apabila saat ini sedang mencari kartu kredit terbaik dan mencari tempat yang tepat untuk pengajuannya. Maka bisa berkunjung ke CekAja.com, silahkan klik link di bawah ini. https://www.cekaja.com/kartu-kredit/

 

Situs CekAja.com merupakan platform toko finansial online, sehingga tersedia informasi lengkap terkait kartu kredit maupun produk keuangan lainnya. Menariknya, disini Anda bisa mempelajari dulu semua produk finansial yang tersedia. Sehingga bisa memilih produk yang memang sesuai kebutuhan dan memberi paling banyak keuntungan. 

So, gimana teman-teman sudah tercerahkankah untuk penggunaan kartu kredit?


Terima kasih sudah membaca :)


Salam, 


Inka



Salam,

Salam,