La Vie En Rose

Lifestyle. Motherhood. Beauty.

Monday, March 30, 2020

Tips membedakan Hoax Corona Covid 19

Assalamualaikum All, 

Sudah hampir sebulan pandemik covid 19 ini melanda Indonesia. Update 30 Maret 2020 kemarin total positif covid  di Indonesia sudah 1.414 orang. Total meninggal 122. Total sembuh 75 orang. Serem ga sih liat angka angkanya ? pusing ya. Tapi bagaimanapun juga saya tipe orang yang harus update info, biar terus waspada. Meskipun saya hanya masyarakat biasa, bukan pemerintah ataupun tim medis, tapi seperti ada rasa tanggung jawab juga dalam menyebarkan informasi dan edukasi yang benar. Kebetulan saya juga memiliki 2 orang keluarga pekerja medis di bidang penyakit paru. Jadi bisa lebih kroscek info info seputar corona yang banyak beredar di grup WAG. 

waspada hoax covid 19


Jadi sepengalaman saya, berita hoax ini kadang ngga sepenuhnya berita bohong yang mengada ngada tapi banyak juga berupa mitos. Yaitu sebuah kepercayaan turun menurun yang sebenernya menurut ilmu medis belum ada validitasnya. Nah hoax ini juga bisa menyebabkan 2 hal : kepanikan berlebih atau juga jadi menyepelekan dan terlalu santai. Dua duanya bisa merugikan dan taruhannya sekarang ini masalah kesehatan dan berakhir pada nyawa seseorang. 

Agar ngga bingung mana yang bener mana yang hoax, berikut tips dari saya. :

1. Bila menerima broadcast dari wag, teliti dulu sumbernya dari mana. Dari siapa, orang tersebut ahlinya atau bukan. Kalau ngga jelas mending diabaikan atau diteliti kebenarannya. Tanya ke ahlinya. Karena masalah  virus ini bukan hanya "sekedar opini". Tapi ada penelitiannya berdasarkan ilmu medis, jurnal dan pengetahuan. 

2. Katanya "Sumbernya udah bener kok dari ada di google, masa sih hoax ?" Gini ya, google itu kan mesin pencari, siapa aja bisa nulis di internet, siapa aja bisa nemuin kalau googling. Tapi kan belum tentu bener dan valid semuanya. . Pernah loh ada  orang medis yang salah share info tentang corona di sosmednya. Dan akhirnya beliau minta maaf.  Kalau udah bingung banget mana yang bener. Sumber yang paling bener dan update itu dari WHO yah. Mereka terdiri dari ilmuan ilmuan yang paling kredibel sedunia dan hasil penelitiannya sudah paling valid. Ada kok instagramnya WHO atau kalau males translatenya ada kok Instagram WHO Indonesia. 

3. Kalau untuk update info Covid di Indonesia, sumber yang paling valid itu dari website www.covid19.go.id yah temans. Soalnya kadang ada juga situs berita tapi judulnya saja clickbait. Bukan juga dari broadcast dari grup WA ya :))

4. Yuk melek media! Gunakan logika. Gini deh campaign yang paling sering kita nonton di TV atau portal berita seputar pencegahan corona itu apa sih ? contohnya sering sering cuci tangan, jaga kesehatan, #jagajarak, #hindarikeramaian, dan #dirumahaja. Ya kan ? pernah ga sih ada himbauan dari pemerintah untuk naro bawang di kamar / pakai kalung anti virus / minum air setiap 15 menit sekali ? (kembung coy) Ngga ada kan.. ? nah kalo udah nemu yang kayak gini ya ngga usah diyakini ya. 

5. Bagi yang nerima tapi masih ragu, mending cari tahu dulu atau minim minim jangan asal sharing YUK #SaringSebelumSharing. Tahan jari jemari kita. Takutnya info yang kita share salah dan bisa merugikan orang lain. Banyak hoax di luar sana kadang canggih kemasannya sampai dibuat konten berupa infografis dengan design yang bagus, ada juga bentuk video.. pakai narasi bahasa Inggris biar kesannya meyakinkan, tapi pas dibaca laaah kok isinya ada beberapa yang mitos mitos juga :D Capek deh.. 


Saran saya yang terakhir, apabila teman teman baca berita hoax di suatu grup wag tapi kita tahu itu salah, alangkah baiknya kita coba bantu meluruskan ya guys... tapppiii.. DENGAN CARA YANG BAIK YA.. hehe bukan dengan emosi atau nyinyir. Takutnya orangnya malah sakit hati.  Mungkin maksud orang tersebut baik, hanya ingin berbagi. Tapi ya itu dia kesian yang jadinya nelen mentah mentah padahal salah. Contohnya menggunakan bahasa yang baik misal "Punten.. Om / tante, saya baca dari sumber terpercaya (sebutkan sumbernya) katanya berita tadi itu hoax.. " Meskipun yaa.. harus siap nerima resiko juga sih hehe terutama kalau orangnya lebih tua dari kita. Resiko jadi kita yang digalakin balik atau dianya yang lebih ngotot. hehe. Kalau udah kayak gini sabar aja... kita doain yang baik baik aja yaaa :))

Kalau masih bingung hoax tentang covid 19 apa aja sih yang paling banyak beredar ? bisa cek di akun Instagram adik saya ya dokter Jaka Spesialis paru @jakapradiptaa di highlights Instastory dengan tema "Hoax" . Atau di thread twitternya @jcowacko. 

Sekian dulu cuap cuap saya. Saya pun kini sudah rindu banget keluar rumah dengan rasa aman, rindu nge-mall, rindu usaha saya lancar lagi seperti sebelum ada corona. Yuk kita semua kerjasama dan bersatu agar wabah ini segera berakhir. Kita turuti himbauan pemerintah dan tim medis. Kita kerjasama juga dalam menyaring dan menyebarkan informasi agar bermanfaat dan tidak menyesatkan. Yang paling terakhir jangan lupa banyak banyak berdoa yaa .. ! :)



Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat :) 


Salam, 

saring sebelum sharing
Stay safe, Please Stay at home :)


Inka 




Thursday, February 20, 2020

Review Layanan Streaming Film di Indonesia

Assalamualaikum,

Saya merupakan orang yang seneng nonton film di bioskop. Bagi saya menonton film di bioskop itu semacam refreshing dari kejenuhan aktifitas sehari hari. Apalagi kalau filmnya bagus dan bisa menggugah hati seperti bikin nangis, atau yang memacu detak jantung contohnya film horor. Seru dan rasanya jadi terhibur. Namun ketika menjadi ibu 2 orang balita yang tidak punya nanny, pastinya berkuranglah waktu dan kesempatan untuk nonton bioskop. Kalau anaknya terpaksa dibawa kesian kalo nangis atau berisik, bisa mengganggu orang lain juga. Kalau ditinggal trus dititipin siapa ? suami ? kalo dia lagi free kerja dan moodnya lagi mau buat jaga 2 bocah sih alhamdulillah. hahah. Mau nitip mertua takut ngerepotin. Siapa juga emaks disini yang dilema ke bioskop seperti saya?:D

perbedaan iflix hooQ catchplay goplay


Dulu sih saya pernah nyoba bawa Fahri ke bioskop nonton Beauty and The Beast. Baru 5 menit pertama udah sukses nangis terus. Bubar deh acara nonton bersama anaknya. haha untungnya lagi dapet tiket nonton gratis, jadi ngga nyesek amat keluar duit tapi filmnya ga jadi ditonton. hehe. Kebetulan juga sebelumnya saya udah pernah nonton Beauty and the Beast.

Nah di rumah itu saya menggunakan TV berlanganan Indihome yang juga ada  jaringan internetnya. Yang saya suka dibanding TV berlangganan sebelumnya, fitur Indihome ini untuk nonton TV bisa direwind, di pause, bahkan menonton semua tayangan yang sudah lewat paling lama seminggu terakhir. Selain itu Indihome juga bekerja sama dengan beberapa layanan streaming film legal seperti IflixHooQ dan Catchplay. Mungkin yang lebih trend lebih dahulu yaitu Netflix ya, sayangnya Indihome ngga kerjasama sama Netflix (alias grup kompetitor) jadi jangankan bisa langganan via set up box nya, kalau buka website Netflix dari laptop yang menggunakan jaringan Indihome aja sama sekali ngga bisa dibuka. hehe. 

Jujur saya bukan penganut layanan streaming bajakan seperti Indoxx1, (yang sekarang udah tutup) LK21, dan lainnya. Selain ngga legal, saya suka males downloadnya dari laptop, nunggu lama, dan hal hal bikin males lainnya. haha. Apalagi kalo nonton dari laptop juga ngga enak, ga bisa selonjoran dan pencet pencet remote. hehe. Paling bener dan paling enak tuh nonton film di layar TV (selain bioskop) Makanya adanya layanan streaming legal ini bisa dibilang hiburan saya banget karena film filmnya masih suka up to date. Bahagia lah pokoknya. Film film box officenya juga banyak, gambarnya udah bagus, subtitlenya bahasa Indonesia  baik dan benar bukan bahasa melayu campur sari. hehhe.

Nah di tulisan blog saya kali ini saya akan sharing dan review tentang layanan streaming yang pernah saya cobain. Tiga layanan yang melalui indihome yaitu Iflix, Hooq, dan Catchplay. Satu lagi aplikasi layanan streaming yang ada di smartphone yaitu Goplay.
 *disclaimer : Tulisan ini tidak disponsori oleh siapapun, saya menulis dari pengalaman  dan selera saya pribadi*


1. IFLIX

Perbandingan Iflix


Bagi pengguna Indihome untuk berlangganan Iflix dikasih free selama setahun. Namun untuk berlangganan berikutnya termasuk murah sebesar 39.000 per bulan. Konten Iflix lebih fokus ke film film Asia seperti Indonesia,  Korea, Malaysia, Filipina bahkan Brunei. Untuk pilihan TV Seriesnya juga banyak seperti drakor yang lumayan bagus bagus (K-flix) . Ada juga sih film series Hollywoodnya tapi hanya sedikit.

Kelebihan : 

1. Termasuk murah bahkan gratis untuk pelanggan Indihome.
2. Film film Box Office Indonesianya termasuk banyak dan cepet tayangnya. Contohnya film Dua Garis Biru yang menembus 2.5  juta penonton Indonesia dan menyabet banyak penghargaan film piala Citra.

Kekurangan : 

1.  Ada iklan di tengah tengah film yang suaranya suka ngagetin. haha. Coba deh biasanya kan kalau nonton film Indonesia gitu, volume suaranya suka kecil dan ngga jelas, jadi volume kita gedein. Nah pas si iklannya tiba tiba nongol tetiba volumenya kenceng banget dan bikin budek. haha. Sebenernya ngga papa sih ada iklan meski suka dikit ganggu asal ngga ngagetin :D
2. Tampilannya dibanding layanan streaming sebelah termasuk paling sederhana. 
3. Kalau misal set up box indihomenya harus direfresh atau dibersihin, untuk nonton Iflix kembali kita diwajibkan sign in lagi, dan lumayan takes time.
4. Suka ngadat! ngga tau sih apa cuma di rumah saya aja karena jaringannya agak sulit. Soalnya layanan streaming lainnya hampir ngga pernah ngadat. Jadi kalau ngadatnya kumat saya terpaksa nontn lagi dari awal. huhu.

2. HOOQ 

Perbandingan layanan streaming film


Untuk kontennya Hooq termasuk merata dan beragam mulai dari film Indonesia, Hollywood, Korea, film Thailand yang bagus dan lucu lucu juga banyak. Terutama yang diperanin oleh aktor Thailand ganteng fav saya yaitu Sunny Suwanmethanont. hehe. Untuk TV Series juga banyak seperti Cek Toko Sebelah The Series, atau yang agak jadul tapi hits pada jamannya yaitu Gossip Girl. Untuk biaya berlangganan per bulan sebesar 63.000, (bagi pelanggan Indihome 36 ribu) namun untuk beberapa film Hollywood yang masih baru dan  box office kebanyakan harus rental lagi sebesar 22.000 - 27.000 per film. 

Kelebihan :  
 1. Film filmnya fresh dan bagus bagus, banyak yang saya suka.
2.  Karena saya suka film horor, di HooQ banyak film horor yang bagus. 
3. Genre film paling beragam.  

Kekurangan : 
1. Untuk rental video lagi termasuk mahal, jadinya lebih suka nonton yang free. 
2. Entah mengapa fitur "Search" nya tuh suka aneh, misal kita lagi nyari film A, pas disearch suka ngga keluar padahal tuh aslinya ada dan masih tayang.
3. Harus jeli jeli liat filmnya karena kadang suka nyempil di "related movie". Misalnya lagi tayang film horor korea A dan nongol di highlights paling depan,  tapi pas kita cari cari kategori film korea tuh ngga ada di list. haha. Aneh bin ajaib deh pokoknya.

 3. CATCHPLAY

review Catchplay


Awal saya liat promonya Catchplay di Indihome tuh filmnya kayak biasa biasa aja. Nah mulai tertarik langganan sejak ada promo film Midsommar yang eksklusif di Catchplay. Eh beneran makin kesini film film Catchplay makin bagus bagus kayak nayangin film Bebas dan pemenang Best Picture Oscar yaitu Parasite! Awalnya saya kira si Parasite itu rental lagi eh ternyata free! hihi. Ngga nyesel deh langganan Catchplay. Untuk kontennya lebih fokus ke film Hollywood, ada juga film Indonesia, Korea, Cina tapi ngga gitu banyak. 
Jika berlangganan di tahun 2020 biayanya sebesar  45.000 per bulan. Ada film yang (unlimited (free) ada juga yang rent yang biasanya baru baru. Tapi menurut saya perbandingan filmnya sama bagusnya dan sama banyaknya kok. Untuk biaya rent per film sekitar 22.000. Namun enaknya di Catchplay ada paket hematnya gitu, jadi untuk paketan rent 4 film nambah biaya sebesar 60.000 (jatohnya bisa lebih murah 1 filmnya 15ribuan). Ada juga paket 12 film sebesar 150.000 jadi per film 12.500. Ya masih lebih hematlah dibanding nonton bioskop. hihi.

Kelebihan : 
1. Tampilannya di TV tuh paling stylish dan berkelas. Cobain deh.
2. Fiturnya selain ada sinopsis pada juga ada trailernya filmnya, bahkan keterangan dan foto sutradara dan aktor aktor pemainnya. Jadi kalo kita lupa sama orangnya bisa inget dan jadi ada gambaran deh. hehe.  
3. So far bagi saya film film Hollywood di Catchplay itu yang terbaik.  

Kekurangan : 
1. Film yang rental ngga bisa direwind. Sepertinya juga berlaku di HooQ.
2. TV seriesnya sedikit. Tapi bagi saya ngga masalah karena ngga gitu suka nonton series.  

Nah kalau ketika layanan streaming film diatas yang kerjasama sama Indihome dan bayarnya digabungin sama tagihan telepon, layanan streaming film berikut ini beda geng nih...

4. GOPLAY

Perbandingan Goplay dengan layanan streaming film


Saya tergoda langganan karena liat iklan di youtube dan pengen nonton film Aruna dan Lidahnya (eh ternyata esoknya udah tayang di Trans 7) hehehe. Kontennya lebih banyak di film film Indonesia, sisanya ada film film Korea dan Jepang. Untuk berlangganan cukup bayar pakai Gopay perbulan 89.000 atau 49.000 per dua minggu. Selain itu yang doyan jajan bisa dapetin voucher voucher GoFood juga. 

Kelebihan : 
1. Ada film serial Gossip Girl versi Indonesia !! hahaa karena saya suka film Gossip Girl yang versi Amerika, penasaran aja sih yang versi Indo. Bintang bintangnya sih kayak idola ABG masa kini kayak Amanda Rawles, Arya Vasco, tapi sutradaranya dan penulisnya itu loh salah satunya Nia Dinata 
 2. Film film eksklusif Indonesianya lumayan menarik seperti ada film 27 Steps Of May yang memenangkan Raihaanun sebagai pemeran wanita terbaik di Piala Citra 2019.

Kekurangan : 
1. Pilihan filmnya sedikit
2. Film film Indo lainnya sudah banyak tayang di streaming lainnya seperti Iflix dan HooQ.
3. Cuma bisa ditonton dari smartphone atau tablet. Eike kurang suka. hehe

  Okey sekian dulu sharing dari saya tentang review layanan streaming film di Indonesia seperti Iflix, HooQ, Catchplay, dan Goplay. Kalo favorit saya sekarang sih Catchplay ! kadang tergantung ketersediaan filmnya juga sih. Bagi saya layanan streaming seperti ini lumayan banget buat ibu ibu yang suka nonton film tapi susah ada waktu ke bioskop. Bisa jadi solusi dari kejenuhan dan membuat hidup lebih berwarna dan menyenangkan (haazeeek.. ! haha) Kalau teman teman lain ada yang suka langganan layanan streaming film juga ? apa aja ada yang sama kayak saya kah ? Share donk.. !

Terima kasih sudah membaca :)


Salam, 

Inka 


 
 





Thursday, January 9, 2020

Pengalaman Staycation di Hotel Best Western Premier The Hive

Assalamualaikum All,

Apa kabar semua ? udah tahun 2020 aja nih yaa. hehe. Bisa dibilang ini adalah postingan pertama saya di tahun 2020. Kali ini saya akan sharing pengalaman saya menginap di sebuah hotel di Jakarta alias staycation bersama keluarga di Hotel Best Western Premier The Hive. Hotel bintang 5 ini terdiri dari 191 kamar.  Lokasinya sering saya lewati karena letaknya sangat strategis dari mana mana yaitu di daerah Cawang. Kebetulan juga akhir Desember kemarin Fahri sudah libur semesteran sekolah dan sangat tepat waktunya untuk staycation menyenangkan hati keluarga. 

kamar hotel best western premier the hive
Hotel yang juga cocok untuk family


Untuk lobby hotel utamanya terletak di lantai 5 nya. Karena saya menginap tanggal 21 Desember jadi masih banyak khiasan khiasan natalnya. Sofa di lobby nya nyaman, terdapat welcome drink dan juga komputer untuk internetan. Ketika ingin check in, resepsionisnya memastikan saya mendapatkan kamar yang non smoking room, mengingat saya membawa anak anak jadi kamarnya sangat bersih dan terbebas dari sisa bau rokok.  View lobby nya menghadap ke kolam renang jadinya ada pemandangan segar ke luar. Hotel ini juga dilengkapi dengan wifi dengan jaringan yang baik. Senangnya lagi, setelah kita keluar lobby hotel ada beberapa restoran dan juga fast food jadi kalau mau jajan ngga perlu jauh jauh dari hotel.

review hotel bwpth
Suasana di lobby hotel



Untuk kamarnya saya mendapatkan kamar Deluxe King yang cukup luas dan nyaman untuk keluarga kecil saya yang terdiri dari 2 balita. Interior kamarnya mewah, didominasi warna putih, coklat, gold dan sentuhan warna merah. Lantainya dari parkit jadi terasa nyaman dan tidak dingin di telapak kaki. Untuk bed nya besar, super nyaman dan empuk. Karena letak hotel di pinggir jalan raya jadi  kadang masih terdengar suara kendaraan lalu lalang, namun berkat settingan lighting yang pas di kamar hotelnya semuanya jadi terasa nyaman, cozy dan berasa memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Kamar saya di lantai 15 dan viewnya asik banget menghadap ke kolam renang.

review kamar hotel bwpth
Suka banget sama kamarnya sangat nyaman

Nicha enak banget boboan disini :D

Seperti hotel lainnya tersedia kulkas, air mineral, teh, kopi, dan mini bar. Untuk TV nya flat TV dengan banyak channel dari lokal dan juga internasional seperti Disney Channel, Fox Movies dan HBO.

View dari jendela kamar langsung ke kolam renang
Di kamar mandi untuk kamar deluxe king hanya tersedia shower dan tidak ada bath tub nya. Kalau di tipe kamar di atas deluxe baru ada bath tub nya. Tapi tidak masalah karena kamar mandinya juga sudah nyaman, bersih, ada telepon dan water heathernya juga pastinya.

Fahri betah di kamar mandi karena ada teleponnya juga :D

Saya mendapatkan 2 free breakfast dan untuk anak anak juga masih free. Breakfastnya terletak di Heather resto di  dekat Lobby. Karena pagi itu adalah hari Minggu dan memasuki musim liburan jadi restonya lumayan penuh. hehehe. Untuk makanannya sangat bervariasi mulai dari menu Indonesia, Asia dan Western. Rasanya enak dan sesuai dengan lidah Indonesia. Tersedia baby chair juga untuk para baby makan dengan nyaman.

suasana breakfast di hotel BWPTH
Breakfast di Heather Resto


Untuk fasilitas lain ada gym centre dan kolam renang. Kolam renangnya terbagi 2 yaitu untuk dewasa dan anak anak. Namun untuk anak anaknya tidak terlalu cetek atau buat bayi yah, jadinya harus tetap didampingi dan diawasi oleh orang tua. Anak saya Nicha pas di kamar udah mupeng banget liat kolam renang, eh pas diajak berenang malah takut, hihi mungkin karena pas ke kolam renang sudah agak kesiangan jadinya sudah agak panas deh. 

kolam renang hotel best western premier the hive
Yang kecil yang kolam untuk anak anak

suasana kolam renang best western premier the hive
Kolam untuk dewasa


Overall saya seneng banget bisa menginap di hotel Best Westren Premier The Hive. Suami dan anak anak juga senang. Kapan kapan rasanya ingin lagi bisa menginap disini. Untuk harga menginapnya start dari 700 ribuan kita sudah mendapatkan kenyamanan menginap dan juga fasilitas yang lengkap layaknya hotel bintang lima. It's so worth it menurut saya.

Untuk yang ingin tahu lebih detail tentang hotel ini bisa di websitenya Hotel Best Westren Premier The Hive atau sosmed lainnya di :

Facebook: Best Western Premier The Hive
Instagram: @bwpthehive
Twitter: @bwpthehive akuntwitbaru.
Youtube: BWPTheHive

Terima kasih BWPTH atas kesempatan dan pelayananya,  sukses selalu :) Ada teman teman lain yang pernah menginap disini juga ?

Terima kasih sudah membaca :)

Salam,

Inka









Salam,

Salam,