La Vie En Rose

Lifestyle. Motherhood. Beauty.

Thursday, February 14, 2019

Teknik Fotografi Produk Menggunakan Smartphone

Assalamualaikum,

Semenjak saya mulai menekuni kembali dunia blog, selain belajar lagi tentang konten, salah 1 hal yang penting lainnya adalah FOTO ! karena tampilan visual juga sangatlah penting kalau mau pembaca blog betah bacanya, ya ngga ? hehe.  Ngga hanya mendukung blog, dunia fotografi kini bisa dibilang juga menjadi lifestyle. Bisa juga untuk mempercantik feeds kita atau mendukung tampilan online shop. Nah 3 tahun yang lalu saya belum memiliki kamera mirorless pribadi, yang ada hanyalah kamera smartphone. Akhirnya saya mellihat ada komunitas khusus perempuan "Yuk Belajar Bareng" yang mengadakan workshop tentang fotografi produk menggunakan smartphone. Sejak itu saya banyak belajar tentang bagaimana cara foto produk yang oke. Saya pun juga sempat bergabung dengan komunitas fun photography Upload Kompakan yang membernya 80 persennya emak emak semua tapi hasil fotonya kece badaaaii bak photografer pro! hehe.


teknik fotografi produk flatlay
pic : Pexels


Alhamdulillah akhirnya saya punya kamera mirorless Fuji untuk mendukung profesi saya sebagai blogger. Terutama untuk review review produk. Tapi buat teman teman yang memang belum ada budget untuk beli kamera jangan sedih, smartphone zaman sekarang itu kameranya sudah cukup mumpuni kok untuk menghasilkan foto produk yang bagus. Asalkan kita mengetahui tekniknya dan do and dont's nya juga ya ! 

Tapi yang akan saya bahas disini lebih ke seni fotografinya ya.. atau bisa dibilang genrenya adalah Still Life Photography. Tenang, saya pun juga bukan profesional banget kok dan masih terus belajar. hehe. Jadi Still Life Photography adalah genre fotografi yang menggambarkan objek berupa benda mati namun kita ciptakan ambience dan seperti bercerita di dalamnya sehingga fotonya terlihat lebih hidup dan menarik. Jadi agak berbeda konsepnya dengan foto produk di marketplace yang biasanya lebih simple karena hanya dibutuhkan background putih saja dengan foto subjek yang jelas. 


4 Tahap Product Photography

1. Tentukan POI (point of interest) 
Alias objek benda utamanya sebagai pertama kali mata akan berhenti di satu titik. Sebisa mungkin harus terlihat keseluruhan wujudnya di dalam frame. Kalau objek lainnya seperti properti justru ngga perlu penuh seutuhnya masuk frame. 

2. Styling
Di dalam Still Life Photography juga dibutuhkan benda benda pendukung seperti properti, alas foto yang harus kita atur bentuk dan susunannya agar terlihat cantik. Beberapa properti pendukung favorit antara lain : secangkir kopi, majalah/ buku, kaca mata. Selain itu kita juga bisa menentukan "mood" nya misal gaya foto yang rustic kah, yang mayoritas putih dan terang, yang colourfull, natural atau yang warm. Biasanya masing masing orang punya taste sendiri. Kalau saya pribadi lebih senang yang bright dan didominasi warna putih. hehe. Lebih clean dan fresh aja liatnya. Namun ada juga yang suka style yang rustic, semakin buluk atau jadul malah makin keren,. hahaha.. tapi tetap terlihat artistik ya.. contohnya lihat deh hasil foto salah 1 mentor saya di IG nya @irmaalaydrus . 

3. Foto
Proses utamannya adalah memfoto objeknya. Pastikan cahaya  cukup dan motret sesering mungkin lalu tinggal kita pilih pilih yang terbaik untuk ke step berikutnya. 


4. Editing
Kalau yang sudah pro atau jago design biasanya menggunakan photoshop atau lightroom. Tapi karena fotonya menggunakan smartphone jadi sekarang sudah banyak banget aplikasi gratis untuk edit foto seperti Snapseed, Vsco cam, PicsArt. Nah bagi emak emak kayak saya yang paling mudah dan friendly untuk digunakan yaitu Snapseed. Biasanya saya melakukan editing via snapseed berupa crop, atur brightness, contrast, saturation, vignette, brush, dan warmth. Sedangkan untuk food photography edit detail untuk menambahkan tekstur makananya. 

1 hal yang harus diingat : Editing itu ibarat wajah hanya make up nya saja, jadi hanya pelengkap dan pemanisnya. Jadi jangan over editing juga ya takutnya malah merubah warna aslinya. Karena yang diutamakan justru teknik fotonya. Saya pun tidak pernah menggunakan filter apapun. Namun balik ke selera masing masing, ada memang yang feeds nya konsisten menggunakan tone warna tertentu sehingga harus menggunakan filter. 


5. Pemberian Watermark
Sebenernya sih ngga wajib, tapi kalau kita sebagai pembuat fotonya merasa karya kita perlu diberikan keterangan nama sebagai wujud "ini foto asli karya gue loh... bukan nyomot punya orang" ya monggo. hehe. Karena foto yang bersebaran di google ada hak ciptanya juga. Aplikasi watermark di smartphone ada Phonto atau di Snapseed juga bisa kok di fitur teks. 

Do and Donts  Saat Foto Menggunakan Smartphone 

Do :
  • Sebisa mungkin menggunakan natural lighthing (cahaya matahari) dan reflektor sebagai pendukung lighting. Kalau ngga punya reflektor khusus yang agak mahal jangan sedih,  bisa pakai aluminium foil atau loyang warna abu abu yang biasa buat manggang kue. hehe. Peralatan perang emak emak bermanfaat juga ye kan. haha. 
  • Pegang smartphone sestabil mungkin. Jangan gemeteran ya biar ngga blur. hehe.
  • Pilih settingan resolusi foto yang paling tinggi. Atau yang high definition.
  • Jam terbaik saat moto adalah pagi jam 09.00 - 11.00 atau sore jam 15.00-17.00. Agar cahaya tidak terlalu gelap atau terlalu terang dan cahaya matahari dapat dipantulkan oleh reflektor hingga objek menjadi lebih jelas.
Donts : 
  • Jangan pakai flash. Pakai flash di kamera smartphone cahayanya tidak merata dan hasilnya kurang bagus.
  • Jangan gunakan zoom. Menghindari gambar yang pecah. Jadi sebisa mungkin kita alami maju mundur cantik aja ya.
  • Jangan moto di bawah teriknya matahari. Hal ini selain objeknya jadi silau, bisa menghasilkan bayangan yang mengganggu.

Macam-macam Angle Foto

1. BEV (Bird Eye View) / Flat lay
Posisi objek berada di bawah dari tempat kita berdiri, biasanya menampilkan keseluruhan objek dan sekitarnya lebih luas lagi. 

flat lay product

Foto flat lay ini mulai hits banget sejak tahun 2016 dan banyak dipakai di instagram. Bisa untuk foto produk kecantikan atau foto makanan. Ada loh fotografer yang udah bosen dan eneg eneg sama flat lay hehehe.. tapi kayaknya masih banyak yang pakai foto angle ini juga di tahun 2019. Kamu sendiri masih pakai ini atau udah bosen? Oh ya contoh foto foto ini semua hasil jepretan saya ya :)

flat lay foto
Tema : Lipstick untuk di pantai

Tema : Wangi yang feminin



2. High Angle / Sudut 45 derajat.
Posisi kamera lebih tinggi daripada objek sehingga kamera menunduk ke bawah sekitar 45 derajat. Untuk makanan bisa dibilang paling cocok pakai angle ini karena akan terlihat lapisannya.

high angle
Mocca cake 
still life photography
Untuk menambah "hidup" makanannya bisa dengan bantuan hands in frame atau sendok dan garpu yang mencocol makanannya. 


Tema : Beauty Product on High Key
 3. Eye Level
Kamera atau lensa berada sejajar dengan objek foto .Cocok untuk produk berbentuk minuman / beauty products. 




teknik fotografi produk
Add caption

Oh ya beberapa tips lain kalau mencari ide referensi foto coba deh ikutan gabung atau liat liat akun instagram komunitas fotografi seperti @UploadKompakan @Jepret.indah , @mysquarephoto . Sangat amat menginspirasi kalau saya lagi mati gaya moto. haha. Atau sesekali ikutan workshop photography, baru deh modal dikit misal buat beli alas foto, atau properti ala ala nya. haha investasi lah demi hasil yang lebih maksimal. Nantinya jadi lebih enak kan ngeliat hasil fotonya.

Baca juga Keseruan ultah Kompakers Jakarta Upload Kompakan ke 2

Seperti kata salah 1 mentor workshop saya seorang freelance product photographer mbak Silva Sandiarini "Karena visual adalah salah satu cara terbaik dalam memberikan informasi dan citra suatu produk".  Setuju ngga nih temen temen ? cocok lah ya untuk para blogger yang suka review produk. hehe. Ngga cuna konten tulisan yang bagus tapi hasil fotonya juga harus mumpuni.

Ok, sekian dulu sharing saya tentang teknik fotografi produk menggunakan smartphone. Semoga bisa menambah insight ya..  Kalau teman teman lain gimana ada angle atau nuansa favoritnya ? Atau mau berbagi tips and trick lainnya ? Monggo sharing... 

Terima kasih sudah membaca.

Salam :)

Inka


26 comments on "Teknik Fotografi Produk Menggunakan Smartphone"
  1. Kalau pakai hp emang jatuhnya lebih praktis ya. Gak ada lagi tuh adegan-adegan transfer file foto, macam pas pakai kamera. Tapi kamera hp saya yang sekarang gak mumpuni euy. Entahlah kenapa hasilnya gak tjakepss..atau sayanya yang belum mumpuni memanfaatkannya ya? Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pake hp emang lebih praktis, bisa cakep mba asal latian terus dan belajar tekniknya. Hehe

      Delete
  2. Wah baru tau kalau sudut pengambilan foto juga ada namanya sendiri-sendiri.. Makasih ya mbak, tipsnya bermanfaat banget buat saya yang kalau mau foto-foto cuma modal smartphone ^^

    ReplyDelete
  3. Halo, Mbak Inka. Salam kenal, ya. Thanks banget nih buat tips-tips foto menggunakan smartphone-nya. Sejauh ini aku motret obyek bukan untuk review produk sih karena blog banyak menceritakan pengalaman pribadi aja. Tapi tipsnya bisa banget kepake kalau ke depannya aku mau mencoba review produk gitu. So far sih cuma mereview film dan buku doang, hihihi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbaa,,, sama sama yaa :) wah smoga next time bisa bermanfaat yaa... Foto buku juga bisa kok. Hehe

      Delete
  4. Asli, foto2nya bagus, mencuri mata banget Mbakkk! Salut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MashaAllah, makasih mbaa,ini juga masih amatir kook

      Delete
  5. Makasih tipsnya mbakk.. Noted nih jam 9-11 dan 15-17 yaaa

    ReplyDelete
  6. Hai, mbak Inka. Salam kenal ya sebelumnya.

    Makasih mbak tips2nya, ini bermanfaat sekali buatku yg sehari2 masih pakai kamera hp. Kadang untuk ngeluarin DSLR masih terlalu malas padahal ya di rumah2 juga motonya. Memang lebih praktis pakai hp, edit di hp juga pakai Snapseed. Bisa langsung upload IG malahan.

    Mbak, mau tanya yg komunitas Yuk Belajar Bareng itu di mana? Ada di FB atau apa? Ditunggu jawabannya, ya.

    Trimikisi ��

    ReplyDelete
    Replies

    1. Halo salam kenal Juga mba Isti. Alhamdulillah smoga bermanfaat ya :) Untuk komunitas YBB ada kok IG nya follow aja @YukBelajarBareng. Pesertanya khusus perempuan, jadi lebih nyaman aja. Hehe dan rutin ngadain workshop. :)

      Delete
  7. Makasih mbak sharingnya... awalnya saya ga tau sih soal angel ini, ternyata setiap angel akan lebih cocok ke objek tertentu ya. 45 derajat cocok untuk makanan...

    Meskipun punya smartphone tetap saya pengen ambil foto pakai kamera, mirroless gitu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee iya mba, menentukan angle yang pas bagi foto produk itu sangatlah penting :). Endingnya pake mirorless lagi ga papa kalo punya. Hehee

      Delete
  8. Di belakang foto yang cantik, pasti ada keriwehan beberes properti. Hahahaaa.... Tambah cakep aja fotonya, Mba Inkaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa iya nih minda, lumayan nyiapain dan beberes peralatan perang perfotoannya. hihi. MashaAllah makasih minda :* ini juga udah lama aku ngga niat niat pepotoan. hehe

      Delete
  9. Halo Mba Inka, salam kenal!
    Menarik banget ini artikelnya, makasih tipsnya! Mba pake HP apa untuk foto-foto produk itu? Beberapa kali nyobain pake HP untuk foto, cuma emang masih jatuh cinta ama hasil kamera... Tapi memang lebih praktis apalagi kalo lagi jalan-jalan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi salam kenal juga mba Viola. Kalo yang contoh foto angle angle itu sih pake kamera mirorless sih mba, hahah.. tapi dulu pas masih pakai kamera hp I Phone 5C udah lumayan kok.. yang penting di teras rumah pas matahari lagi mendukung. hehe

      Delete
  10. Terima kasih mbak ... Sangat bermanfaat tipsnya ....

    ReplyDelete
  11. Keren banget mba hasil jepretannya .. aku juga lagi belajar photography ini, aku kadang yang bingung pada stylingnya mau aku gimana ini fotonya, mau pake properti apa, ada saran gak mba untuk pemula seperti saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. makasih mba, aku juga masih pemula kok :) hemh paling gampang sih coba angle flat lay, pakai alas karton putih, poperti pendukung favorit biasanya secangkir kopi, majalah, kaca mata. hehe. Selamat berlatih terus yaa..

      Delete
  12. haloo mba inka, lama sekali rasanya nggak BW kemari, tapi tetap kece kok foto-foto dan tulisannya. tips fotografinya mantap sekali dan kualitas foto + komposisinya nggak kalah dengan mirrorless! hebat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih. Foto saya masih biasa karena masih pemula juga kok

      Delete
  13. Semenjak ngeblog, minat saya akan fotografi pun jadi timbul lagi. Dan samaan nih kita, akupun banyak memperhatikan foto-fotonya mba Silva. Sampe follow IG-nya segala!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa kalau aku ngga cuma follow akun mba Silva tapi pernah juga ikut kelas workshop fotografinya. Emang kece banget foto fotonya :)

      Delete

Salam,

Salam,