La Vie En Rose

Lifestyle. Motherhood. Beauty.

Thursday, January 10, 2019

Kenapa Harus Susu UHT Selepas Asi ?


Assalamualaikum Moms, 

Seperti yang udah kita tahu, ASI itu merupakan susu terbaik bagi bayi dari 0-2 tahun. Kandungan di dalamnya sudah lengkap dan sempurna yang diciptakan oleh Tuhan untuk nutrisi dan tumbuh kembang anak.  Pernah denger ga segemuk gemuknya bayi asi eksklusif itu ngga ada yang namanya obesitas. Beda dengan bayi yang minum susu formula. Karena susu formula biasanya mengandung kadar gula yang tinggi hingga membuat bayi jadi lebih gemuk.

Namun ada kalanya mom yang bayinya sudah diatas 1 tahun mulai kesulitan memberikan full asi lagi bisa karena kesibukan atau hal lainnya. Nah untuk solusinya, bayi di atas 1 tahun sebenarnya sudah bisa diberikan susu UHT loh Moms, tapi untuk selingan aja ya, bukan untuk susu utama. Sebisa mungkin sampai 2 tahun tetap diberikan ASI. Baru deh nanti setelah 2 tahun dan lepas asi bisa lanjut terus dengan susu UHT demi memenuhi kebutuhan kalsium dan nutrisinya.





Apa itu susu UHT ?
 
Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora.

Kenapa  harus susu UHT ? karena : 

1.       Susu UHT kadar gulanya lebih rendah.
2.  Berdasarkan beberapa penelitian, menyebutkan susu yang diproses secara UHT dapat mempertahankan nilai gizi lebih baik daripada proses pengolahan lainnya.
3.       Praktis untuk disajikan. 

Kalau susu bubuk untuk menyajikannnya harus  dicampur dengan air hangat dulu, diaduk aduk. Kalau untuk bepergian harus bawa bawa termos dulu. Hehe. Kalau UHT tinggal digenggam dan ditusuk pakai sedotan deh. 

Contoh susu UHT yang baik bagi anak adalah susu Indomilk UHT Kids Full Cream. Indomilk UHT Kids Full Cream adalah susu UHT varian rasa baru dari Indomilk. Isinya sebanyak 115 ml. Susu ini tanpa tambahan gula. Kenapa saya memilihkan susu yang rasa ini pada anak saya karena rasanya plain. Tidak manis jadi tidak mudah merusak gigi. 

susu UHT selepas asi


Saya punya teman yang anaknya terlalu sering mengkonsumsi susu manis berasa macam macam dan katanya giginya cepat bolong dan keropos.  Selain itu saya sengaja memberikan rasa ini karena biar terbiasa dengan yang bukan manis. Jadinya harapannya masih gampang makan makanan rumah yang sehat.

 Selain tanpa gula, susu ini juga merupakan susu UHT tanpa garam. Menurut ahli gizi, kalau susu yang mengandung garam biasanya akan membuat anak lebih lapar dan haus sehingga menimbulkan resiko berat badan lebih pada anak.

Susu #IndomilkUHTFullCream memiliki kandungan tinggi kalsium dan bernutrisi. Hingga anak saya Fahri jadi aktif dan tentunya sehat. Pasti senang kan ya moms kalau anak kita aktif. Tandanya anak kita sehat. #AktifItuSehat . Rutin minum susu juga didukung makan makanan dengan gizi yang seimbang ya moms agar terjamin kebutuhan gizi dan tumbuh kembangnya.
Ini anak saya Fahri lagi ngasih makan ikan di kolam. Anak yang aktif dan sehat itu juga peduli dengan sekitar seperti pada lingkungan dan juga hewan. Setiap pagi Fahri selalu mengamati dan memberi makan ikan di kolam. 





Kadang saya membawakan bekal susu Indomilk UHT Full Cream untuk Fahri ke sekolah.


Review susu UHT Indomilk Full Cream

susu uht
Di atasnya ada tanggal expirednya. Mungil digenggam.
Packagingnya yang ringkas.

susu uht selepas asi


1.       Besarnya pas digenggam tangan anak anak. Praktis dibawa kemana saja.
2.       Ada keterangan tanggal kadaluarsanya di atasnya. Tips sebisa mungkin pilih yang tanggal kadaluarsanya jauh jauh hari ya moms biar lebih aman.
3.       Tekstur encer, rasa plain dan gurih.
Jangan lupa petunjuk minumnya ya.. Setelah dibuka langsung dihabiskan dan kocok dulu sebelum diminum.
Oh ya sekarang ini lagi ada blog competition review susu UHT Full Cream Indomilk lho moms! Ikutan yuuuk...
Hadiahnya cihuy banget loh :
1.       Pengumuman pemenang mingguan. Setiap minggu akan diumumkan 1 orang pemenang blog competition dengan hadiah Rp. 1.000.000. Tanggal pengumuman sebagai berikut :
·         4 Januari 2019
·         11 Januari 2019
·         18 Januari 2019
·         25 Januari 2019
·         1 Februari 2019

2.       Pengumuman pemenang final Blog Competition tanggal 8 Februari 2019 dengan hadiah sebagai berikut :
·         Juara 1 sebesar Rp. 5.000.000
·         Juara 2 sebesar Rp. 3.000.000
·         Juara 3 sebesar Rp. 2.000.000
Seru kaan.. Good luck ya!


Gimana moms sudah makin yakin belum kalau susu UHT itu adalah susu terbaik selepas ASI ? Kalau moms yang lain juga suka ngasih susu UHT ke anak anaknya kah ?
Terima kasih sudah membaca.
Salam,

Inka

18 comments on "Kenapa Harus Susu UHT Selepas Asi ?"
  1. Anak2 juga kayaknya lebih suka susu UHT nih mbak selepas ASI entah lah mungkin menurut mereka susu kotak itu minuman yang berasa padahal memang susu. Hehehehe kayak snack time lagi selalu habis kalau dikasih UHT ��

    ReplyDelete
  2. Susunya samaa anak saya suka indomilk, pas coba yang full cream juga suka. Selalu sedia dirumah sekarang.

    ReplyDelete
  3. Selain gak terlalu manis, susu UHT Indomilk juga praktis, gak khawatir tumpah juga, bisa diminum kapan aja, dan dimana aja.

    ReplyDelete
  4. Mamaa, ternyata anak ku dikasih ini syuka! Alhamdulillah,, krn bagus kan plain buat anak, mengurangi gula garamnya. Jadi tujuan kita mau kasih minuman sehat terbantukan

    ReplyDelete
  5. Anak saya tiap hari bawa susu UHT ini ke sekolah, suka banget dia ama yang full cream.

    Dan dia heran, persediaan susu UHT indomilknya cepat habis, gara2nya mamaknya juga ikutan minum hahaha

    Saya kok kurang ngeh kalau ternyata udah bisa ya buat anak di atas 1 tahun.

    ReplyDelete
  6. Susu UHT ini praktis banget memang, bisa dibawa kemana-mana tanpa khawatir makan tempat dan rempong sama bawaan, minumnya juga mudah banget tinggal tusuk. Susu Indomilk ini emang enak banget, kesukaan keluarga di rumah.

    ReplyDelete
  7. Anak2 juga minumnya UHT selepas ASI mbak. Soalnya sekalian buat ngajarin anak2 minum pakai sedotan dan kotak UHT yg kecil2 itu pas banget ukurannya :D

    ReplyDelete
  8. Anakku juga minum susu UHT mbak... dan kebeneran Indomilk ... favorit banget deh dan rasa manisnya pas banget

    ReplyDelete
  9. Naufal Alhamdulillah akhirnya kmren lepas asi bisa minum uht.. duhh ga ngebayangin gimana bingungnya kemaren klo ga nyobain uht

    ReplyDelete
  10. UHT selain nutrisinya bagus, juga praktis ya gak perlu aduk-aduk, pakai acara cuci botol atau gelas. Kalau mau jalan tinggal bawa masukin tas, beres deh. Ibu tenang, anak sehat

    ReplyDelete
  11. Anak-anak juga suka minum susu UHT terutama yang plain. Mereka suka karena rasanya segar. Bisa diminum kapan aja dan dimana aja :)

    ReplyDelete
  12. Dulu aku ngasih susu bubuk ke anak setelah ASI. Saat pindah ke Amerika bingung, susu bubuk hampir enggak ada (kecuali susu formula). Adanya susu susu UHT kemasan. Jadilah sejak itu minum susu UHT anakku. Termasuk setelah si bungsu disapih. Jadi enak, enggak pakai dot, habis nyapih langsung pakai gelas atau minum dari kemasannya.
    Seperti susu UHT Full Cream Indomilk ini memang pas nih buat anak-anak selepas ASI.

    ReplyDelete
  13. Susu UHT pastinya dipilih karena praktis banget. Saya juga gak khawatir kandungan gizi berkurang ketika anak mengkonsumsi UHT

    ReplyDelete
  14. Anakku juga kukasih UHT karena ga perlu nyeduh lagi. Wah asik ya itu lombanya, hadiahnya banyaak

    ReplyDelete
  15. Toss sama mbaaak. Rio aku kasih UHT setelah lepas ASI. Dia sih suka apa aja hehehe, tapi harus bervariasi rasa yang dikasih soalnya bosenan. Nanti mau nyoba rasa ini ah. Siapa tau dia suka :)

    ReplyDelete
  16. Saya selalu bawa susu UHT kalau bepergian. Biasanya anak selalu minta dengan sendirinya susu UHT ini... Alhamdulillah selama ini aman dan cocok anak saya mengkonsumsinya...

    ReplyDelete
  17. Wah ini indomilk terbaru ya ada susu UHT nya? Ntar lihat ke mini market ah.

    ReplyDelete
  18. Anakku sebelum lepas asi udah mulai dicobain susu UHT mba hihi. Segala dicicipin biar doi familiar dulu. Sampe sekarang Alhamdulillah minum UHT ga perlu repot2 ngasihnya.

    ReplyDelete

Salam,

Salam,