Halal Lifestyle. Motherhood. Beauty.

Tuesday, December 18, 2018

Marilah Berhijrah dan Menjalani Sunnah


Assalamualaikum, 


Background saya saat masa SMA dan kuliah pernah menjadi seorang rapper. Pernah manggung dari club ke club malam dengan aurat masih terlihat. Saat itu jiwa muda saya berkata “Ah kan gue kan emang seneng aja musik hiphop, meski suka ke club dan pulang subuh yang penting gue ngga mabok, gue ngga ngedrugs, gue ngga free sex, gue masih sholat”.  




Sampai pada titik saya : Ingin lebih mengejar akhirat daripada sibuk mengejar dunia yang sifatnya hanya sementara. Saya pun menikah dengan lelaki yang alhamdulillah mengerti agama dan bisa membimbing saya ke arah lebih baik. Memang ngga langsung instan, saya pun baru mengenakan hijab saat anak pertama saya umur 11 bulan. Sekitar 3 tahun lalu.  Bukan berarti saya langsung menjadi orang yang lebih alim atau sempurna, justru baru awal dari menjalankan perintah Allah yaitu kewajiban bagi seorang wanita untuk menutup auratnya. Apakah dengan menutup aurat lalu saya sudah bisa dikatakan berhijrah?



Pada tanggal 30 November 2018 lalu saya berkesempatan menghadiri influencer gathering yang diadakan oleh Hijab Influencers Network dan Sasha Halal Toothpaste. Bertepat di restoran The Hook Senopati, didekor dengan nuansa gold dan black yang cantik. Acara ini diisi oleh beberapa nara sumber muslimah yang hebat hebat.

 
Pict Source : Hijab Influencers Network


Bila saya mulai mengenakan hijab setelah menikah, lain hal nya dengan Kak Lulu Elhasbu yang awalnya mengenakan hijab hanya karena kewajibannya bersekolah di pesantren. Dari yang awalnya memakai hijab asal asalan, seiring perjalanan hijrahnya, kak Lulu mulai belajar berhijab sesuai syariat. Founder dari Zaura Models Management ini saat memberikan pelatihan awal untuk model modelnya bukan duluan “Bagaimana cara berjalan yang baik” tapi “Bagaimana memiliki attitude yang baik alias akhlak yang baik”. Karena proses hijrah bukan hanya dari fisik namun juga keseluruhan.


 Menurut Ummu Balqis (penulis tentang parenting dan marriage dari sisi islami) definisi hijrah adalah meninggalkan hal hal buruk ke arah yang lebih baik. Di dalam Al Quran saja ada 31 perintah tentang Hijrah. Jadi, kita tidak perlu phobia dengan kata kata hijrah. Ummu juga meningatkan bahwa di dunia ini tujuan kita adalah untuk beribadah, bukan untuk main main.

Ke 4 nara sumber : Ibu Danti Nastiti, Kak Lulu Elhasbu, Ummu Balqis, drg. Annisa Ramalia


Salah 1 hal dalam proses hijrah adalah menjalankan Sunnah Rasul. Rasulullah adalah orang yang sangat mencintai kerbersihan, salah satunya adalah kebersihan mulut. 
Bahkan menurutnya, kebersihan mulut dalam seni menikah merupakan salah satu usaha membangun romansa dengan suami kita. Rasulullah rajin menggunakan siwak untuk kebersihan giginya.


 Apa itu siwak ?
Siwak adalah dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk gigi, gusi dan mulut. Manfaat siwak mengandung bahan mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi. 

Bersiwak itu sunnah yang disenangi dan sangat dianjurkan oleh Rasul untuk membersihkan mulut dan gigi.  Bahkan menjelang akhir khayatnya, beliau masih sempat bersiwak hingga berpulang dalam keadaan bersih. MashaAllah hebat ya. 

Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak”. [Hadits riwayat Bukhari]

Menurut nara sumber lain yaitu drg. Annisa Ramalia, Siwak sudah dianjurkan oleh WHO berkali kali untuk kesehatan gigi. Jadi memang segala sesuatu yang disunnahkan oleh Rasulullah itu memang banyak manfaatnya. Tapi mungkin kita bingung hari gini nyari siwak dimana ya ? masa mesti nunggu oleh oleh orang balik umroh atau naik haji dulu ? hehe.
Nah jangan bingung, sekarang sudah ada Sasha pasta gigi Halal. Pasta gigi pertama di Indonesia dengan serpihan siwak asli dan esktrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut. Sasha Halal Toothpaste tidak mengandung alkohol dan bahan lainnya yang berasal dari hewan.


Pict Source : Hijab Influenceers Network

Sasha Toothpaste terdiri dari 2 varian yaitu :


1.       Sasha Toothpaste Herbal Anti Bacterial

Dengan serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih yang berfungsi membunuh bakteri penyebab plak, bau mulut dan membuat nafas segar tahan lama.



2.       Sasha Toothpaste Whitening

Dengan serpihan siwak asli, lemon dan garam. Berfungsi memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi lebih putih. 


*masing masing varian tersedia dalam 2 ukuran yaitu 65 gram dan 150 gram*


Saya pun sampai rumah langsung mencoba dan menggunakan Sasha Toothpaste. Bentuknya tube seperti pasta gigi pada umumnya, tutupnya besar jadi tidak mudah hilang. Terpampang juga di kemasannya logo HALAL dari MUI. Sebagai seorang muslimah tentunya merasa lebih nyaman dan tenang saat sudah ada logo halalnya karena sudah saatnya produk halal merupakan sebuah kebutuhan dan juga Islamic lifestyle. 


Saya mencoba sikat gigi dengan varian Herbal Anti Bacterial, rasanya sangat segar, manis dan khas. Beda dengan merk pasta gigi lainnya. Saya sempat mencium bau dahan siwak asli yang ada di venue rasanya sangat aneh, tapi di Sasha Toothpaste ini rasanya enak dan nyaman. Meski segar tapi tidak begitu ada sensasi “pedas” nya seperti pasta gigi lainnya.

Untuk varian yang whitening, rasanya tidak terlalu manis dan sedikit lebih “pedas” dibanding yang varian Herbal Anti Bacterial. Tapi masih lebih soft pedasnya dibanding pasta gigi lain. Rasa lemonnya lumayan terasa. Gigi terasa lebih bersih.


Selain tentang Siwak, drg. Annisa juga mengingatkan pentingnya sikat gigi sebelum tidur.  IT’S A MUST ! Jadi ingat pas saya masih gadis sebelum tidur suka skip sikat gigi karena saya kira cukup dengan sikat gigi saat mandi sore. Hiks. Beliau juga mengingatkan pentingnya kontrol kesehatan gigi minimal 6 bulan sekali. 


Setelah paham tentang sunah menggunakan siwak dan mencoba Sasha Toothpaste rasa rasanya saya ingin selamanya beralih alias hijrah dari pasta gigi yang lama ke Sasha saja. Sudah sehat, dapet pahala juga karena menjalankan sunnah. Saya pun mengenalkan Sasha Halal Toothpaste ke suami dan beliau juga mendukung. YES It’s #WaktunyaHijrah. Kak Lulu Elhasbu juga berpesan apabila kita ingin berhijrah dan meraih surga maka jangan hanya sendirian tapi rangkulah teman teman dan saudara kita lainnya. 


 Akhir kata, Ummu Balqis menambahkan bahwa Hijrah itu merupakan suatu proses dan kontinuitas sampai akhir khayat kita nanti. Assistant Brand Manager Sasha Toothpaste ibu Danti Nastiti menyatakan bahwa dengan hadirnya Sasha Halal Toothpaste ini diharapkan bisa menjadi salah 1 bagian dari proses kita dalam berhijrah. Aamiin. 


Terima kasih Sasha Indonesia dan Hijab Influencers Network atas undangannya :)




 
So gimana teman teman muslimah makin semangatkah berhijrah dan menjalani sunnah ?  Sudah ada yang menggunakan Sasha Halal Toothpaste juga ? Lebih suka varian apa ?


Untuk medsos nya Sasha bisa di IG nya : @SashaIndonesia dan facebook di Sasha Pancaran Aura Islami yaa.. 


Terima kasih sudah membaca, 


Salam,

Inka
31 comments on "Marilah Berhijrah dan Menjalani Sunnah"
  1. Saya juga pernah pake Sasha ini mba, enak ya halal juha

    ReplyDelete
  2. InshaaAllah hijrahnya selalu semangat dan istiqamah yaaa.. Aku suka kedua varian Sasha pasta gigi juga,bikin gigi dan mulut bersih, sehat juga nyaman. Bonusnya bisa sambil menjalanka sunah Rasulullah deh.

    ReplyDelete
  3. Moment hijrah tiap orang memang beda2 ya, ngga bisa disamain dan sangat personal, dan perjalanan hijrah sekarang dimudahkan dengan adanya pasta gigi sasha yang mengandung serpihan siwak asli, jadi dpt mengikuti sunah rasulullah saw dlm menjaga kebersihan gigi & mulut :)

    ReplyDelete
  4. Hijrah enggak cukup dengan berjilbab. Hati dan pikiran juga harus hijrah. Makin total pula dengan hijrah ke Sasha.

    ReplyDelete
  5. Aku udah pake Mba, suka yang whitening karena seger gitu after tastenya. Alhamdulillah bisa melaksanakan sunah dengan dipermudah pakai Sasha ya Mba :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ya inka ktemu mas andri, jd bisa nemenin proses hijrah ya. In sya Allah jd imam inka dunia wal akhirah ya aamiin :)

    ReplyDelete
  7. Saya suka Sasha yang putih, Mbak. Tetapi, yang coklat juga cocok buat saya

    ReplyDelete
  8. Setiap kita pasti punya masa lalu yang ingin diperbaiki ya Mba. Mudah-mudahan kita semua istiqomah. Aku juga udah cobain Sasha Mba, suka banget sama yang sasha herbal. Enak hehehe

    ReplyDelete
  9. Aku senang banget nbak Inka bisa datang ke acara yang sangat positif seperti ini selain sharing sessionnya yang berkesan jadi tambah pengetahuan seputar kesehatan gigi dan bersunah

    ReplyDelete
  10. Berhijrah itu proses dan gak ada yang instant. Mudah-mudahan kita bisa konsisten ya mbak. Btw, aku juga udah coba Sasha yang herbal antibacterial. Seneng sih, seger dan wanginya enak.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sudah merasakan hidup menuju arah yg lebih baik ya mom. Aku dulu jg baru berhijab pas kuliah. Itupun masih angin2an smp sekarang

    ReplyDelete
  12. Aku tertarik banget nyobain sasha ini, beberapa perlengkapan mandi lain juga aku mulai beralih ke yg ada halalnya.

    ReplyDelete
  13. Pengen banget beli kalo ketemu, biar sehatnya dapat pahalanya juga dapat krn menjalankan sunnah. Aku pernah pakai kayu siwaknya langsung dan itu bikin gusi berdarah dan kayunya rawan jamuran krn lembab kan... Makanya kalo ada pasta gigi siwak pengen beli dah rasanya

    ReplyDelete
  14. Subhanallah, kalau kita bisa hijrah kenapa tidak ya... Pingin nyobain produk ini, halal dan menjadi sunnah Rasul ya mbak

    ReplyDelete
  15. wuah mbak inka, sungguh ku tak bisa membayangkan mbak inka ngerap, alhamdullilah dikasih hidayah yah mbak sama allah bisa hijrah dan jalan menuju hirjah sekarang makin dimudahkan buat muslim salahsatunya dengan pakai pasta gigi halal dari sasha yah mbak, semoga kita selalu istiqomah

    ReplyDelete
  16. Mba ga sangka ternyata Rapper yah :) alhamdulilah hijrah yah semoga tetep istiqamah aamiin
    btw aku belum cobain sasha ini jadi pengen deh apalagi udah banyak yang review makin penasaran

    ReplyDelete
  17. pernah nyobain siwak dan kurang suka sama baunya hihi. beruntung sekarang ada sasha toothpaste yang lebih praktis ya dan masih bisa ngikutin sunnah rasul

    ReplyDelete
  18. Jadi penasaran sih sama produk ini. Kemarin ada lihat di indomaret harganya cukup terjangkau yaa

    ReplyDelete
  19. KIsah hijrahnya menginspirasi Mbak...semoga istiqomah ya
    Memang lebih baik di keseharain kita juga memaknai dan menerapkan hijrah ini. Diantaranya denagn memakai produk yang halal dan sesuai sunnah. Dan Sasha Toothpaste adalah salah satu solusinya. Senang akhirnya ada pilihan pasta gigi yang praktis tapi kaya manfaat dan sesuai pula dengan sunnah.

    ReplyDelete
  20. Hebat mom, masa lalu biar dijadikan pembelajaran untuk hidup yang lebih baik yah mom. Untuk shasa nya juga aku suka banget tuh mom. Karena sehabis sikat gigi gak ninggalin rasa asem di mulut yah.. btw itu Avatar di header blog nya keren mom. Ajarin dong 😁

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah luar biasa semangatnya berhijrah ya mb,hijrahpun bisa dimulai dari mengganti pasta gigi ke sasha toothpaste ya mb.aku jd pengen coba pasta gigi ini

    ReplyDelete
  22. Pakai pasta gigi sasha ini jadi salah satu cara yang memudahkan kita untuk tetap mengikuti sunnah rosul. Penasaran banget aku pengen cona, mau belajar hijrah dikit-dikit.

    ReplyDelete
  23. Cantik banget mbak, salam kenal ya ☺️

    Ujian hijrah itu berat banget dan bikin labil mudah2an hijrah ke sasha tooth paste ini gak banyak ujiannya ya. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah pakai Sasha toothpaste ini dan penasaran pengen pakai. Kemarin pas ke minimarket terdekat malah lupa kalau mau beli Sasha toothpaste. Huhuhu.

    ReplyDelete
  25. Aku suka sensasi bersih yang terasa setelah pakai siwak, tapi karena ribet, males pakainya. Untung sekarang sudah ada Sasha yaa, jadi bisa bersiwak tanpa ribet :)

    ReplyDelete
  26. Aku sudah pakai dan yg aku suka yg whitening krn endingnya lebih dingin n fresh hehehe

    ReplyDelete
  27. Tahun ini aku harus lebih baik lagi nih progres hijrahnya, apalagi kalau didukung dengan produk yang halal dan sesuai dengan sunah pasti semakin lebih bagus lagi.

    ReplyDelete
  28. Moga2 tahun ini bisa lebih baik segalanya, khususnya dalam hal ibadah. Tahun bertambah, usia jg bertambah ya. Semoga dimampukan hijrah jd lbh baik lg.
    Wah jd pengen nyobain nih pasta giginya, penasaran sama serpihan2 kayu siwak yg ada di pasta gigi Sasha ini :D

    ReplyDelete
  29. Keren kak jago ngerap 👏🏻👏🏻. Btw aku lebih suka sasha yang herbal kak

    ReplyDelete
  30. jadi rappernya skrg udh hijrah ya Inkaaaa hihi

    ReplyDelete
  31. Udah dijual di supermarket blm ya mba? Soalnya pas kmrn belanja bulanan, kok blm ada ya. Padahal ak penasaran banget.

    ReplyDelete

Custom Post Signature