Lifestyle. Beauty. Motherhood

Lifestyle. Beauty. Motherhood

Monday, November 19, 2018

Kenapa Menulis Blog


Assalamualaikum, 


Doakan yah saya lagi ikutan Blogger Perempuan Challenge yaitu nulis blog setiap hari selama 30 hari ! Hemh kira kira sanggup ga ya ? Haha saya coba jalanin dulu aja, asal ga lupa kodrat sebagai Ibu yang mengurus anak dan keluarga. Amin. Nah tema Day 1 ini adalah Kenapa Kita Ngeblog. Jadi kalau saya sudah menulis blog dari tahun 2010, meski awal awalnya ngga rutin dan sempet vacum nulis selama 3 tahun. Tapi sebenernya apa aja sih alasan saya menulis blog dan bertahan sampai sekarang ? 




1.       Tempat Curhat



Hehe, jadi sebenernya dulu sejak masih SD saya pernah punya diary. Dibeliin mamah gambarnya Mikcy Mouse, ada kunci gemboknya segala. Menjelang SMP Era era itu sempet hits banget yang nama planner, organizer yang dioper oper buat isi curhatan gajebo. Haha.  Maklum lah akhir 90 an belum ada yang namanya Sosmed. Tapi diary pribadi saya masih berlanjut meski ga rutin. Dari jaman SMP, SMA, hingga kuliah. Intinya mah saya pernah alay. Haha. 
Hingga akhirnya mulai tren Blog dan sejak tahun 2010 dimana saya sudah lulus kuliah komunikasi massa, lagi ngga ada kerjaan, bahasa kerennya “Jobseeker” iseng iseng ngeblog.  Sekedar ngisi waktu luang daripada bengong. Tentunya kalau nulis di Blog curhatnya ngga seekstrim dan sealay di Diary yah...  Untungnya ngga pernah curhat tentang cowok juga di blog. Hehe. Ada perasaan lebih lega setelah nulis, tanpa harus diberi saran oleh siapapun, tanpa harus dibaca atau dikomen siapapun. Ada yang seperti ini juga ? 


 2. Catatan Hidup


Buat jurnal kehidupan pribadi.  Misal pada tahun tahun tersebut saya pernah mengalami peristiwa ABC. Pas dibaca beberapa tahun kemudian pasti yang “oh gue pernah ngelewati masa masa itu yah”. Ada kalanya ngerasa saya  10 tahun yang lalu udah beda banget sama sekarang.  Buat kenang kenangan, pas baca bikin mesem mesem sendiri #eaaa. Haha. Lebih panjang lagi tujuannya biar bisa dibaca sama anak cucu kita nantinya. J


3.       Tempat Berbagi

Nah supaya blog nya lebih berfaedah dan bermanfaat bagi pembaca, kalo isinya cuma curhat curhat pribadi doank mah siapa juga yang mau  baca apalagi yang ngga kenal. (Situ seleb?) Hehe nah mulai deh blog itu saya jadikan tempat sharing pengalaman pribadi. Misal kota atau negara yang pernah kita singgahi saat travelling. Agar bisa jadi referensi teman teman lainnya. Salah 1 blogpost yang saya sempet sempetin nulis di kantor kala itu adalah saat saya diajak Papa menemaninya kongres di Eropa.  

 Baca ini Euro Trip 2012
 

Pengalaman yang belum tentu seumur hidup saya bisa kesana lagi. Selain itu manfaat blog sebagai wadah untuk “mereview” produk. Bisa jadi bermanfaat bagi orang lain misal produk kecantikan, sebelum memebeli produk tersebut alangkah seringnya saya googling dulu dan membaca reviewnya di blog para beauty blogger.


4. Penambah Penghasilan


Kalau jaman dulu yang namanya produk bisa dikenal dari iklan, (makanya banyak istilah “korban iklan”). Nah kalau sekarang itu sebuah produk bisa  dikenal dari review para blogger. Jadi yang namanya brand atau agency kini banyak mencari jasa blogger untuk melakukan campaign produk mereka. Dengan cost yang lebih murah bagi mereka dibanding harus bikin iklan di media. Happy banget pastinya dari hobby menulis bisa menambah pemasukan juga.  Tapi juga harus konsisten dulu nulisnya agar bisa dapet tawaran "bersponsor". Apalagi sekarang jadi ibu ibu yang ngurus anak di rumah. Kebutuhan makin banyak. Udah paling pas bisa sambil ngurus anak di rumah, pas anak bobo bisa ngerjain “kerjaan” blog deh.
Alhamdulillah. 


Kalau temen temen lainnya gimana ada alasan yang sama dengan saya atau yang berbeda ?



Terima kasih sudah membaca,



Salam, :)




Inka

3 comments:

  1. Waaahhh samaaaahh wkwkwk..

    Saya juga dulu suka nulis diari, gak cuman di buku diari yang lucu, dikertas gajelas juga saya nulis.
    Bahkan dulu sebelum ada aplikasi chating kayak sekarang, ngobrol ama temenpun pakai nulis segala hahaha.

    Pernah juga nulis novel ala-ala gitu, belum punya laptop dan komputer, saya nulisnya dikertas dong, udah dapat berlembar-lembar, terus hilang hiks.

    Pokoknya loovvveee banget deh menulis di blog.

    Semoga bisa ketemu di garis finish ya mama cantik...
    Saya juga deg-degan nih, karena maklum kite emak-emak yeee :D

    Belom lagi kalau harus menulis job yang udah terlanjur diambil hahaha

    Semangaaattt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbaa ssmoga aku ketularan semangatnya mba Reyne biar rajin ODOP. Hehe

      Delete
  2. wkwkw dulu juga pas aku sekolah sering nulit di buku diary hahahaha

    ReplyDelete