Lifestyle. Beauty. Motherhood

Lifestyle. Beauty. Motherhood

Saturday, August 4, 2018

Perjuangan Menyusui didukung Anmum #MumToMum

Assalamualaikum All, 

Pengalaman kegagalan saya dalam memberikan asi eksklusif saat anak pertama saya jadikan sebagai pelajaran dan motivasi agar di anak kedua nanti harus lebih baik. Sejak hamil saya sudah afirmasi kalau saya pasti bisa full asi apapun tantangannya apalagi saya sudah resign kerja. Istilahnya mah "ngotot". Sejak hamil saya mulai rajin makan kacang hijau, susu hamil seperti Anmum Materna dan vitamin lainnya. Alhamdulillah meski lahiran cesar saya sempat IMD dan dedenya bisa langsung menyusui dengan lahap. Asi saya jauh lebih lancar. Tapi saya juga sempat mengalami puting lecet mengelupas dan berdarah karena pelekatan yang salah. Ya Allah... setiap menyusui saya sampai nangis sambil jerit karena rasanya sakitnya itu ampuuun... sampai ke ubun ubun. Hal itu terjadi dari minggu ke 2 sampai minggu ke 3 anak saya Nicha lahir. Rasanya ampir pengen nyerah. 


Bernuansa ungu di event Anmum #MumToMum




Akhirnya saya coba mengakali dengan pumping pumping dan minumin si dede pakai dot dulu sambil nunggu luka saya agak kering. Tapi apa yang terjadi saudara saudara..... ? 
Mompa asi keluar darah gegara salah pelekatan. 

Pemandangan yang bikin shock sih, mompa asi yang keluar malah darah :') Tapi saya coba untuk ngga panik, sementara pakai payudara yang sebelah dulu yang ngga berdarah. Browsing sana sini salep yang meredakan puting lecet. Lalu konsul ke dokter anak tentang puting saya yang lecet. Ternyata memang saya yang salah posisi menyusui makanya jadi lecet. Jadi yang namanya menyusui yang normal dan benar itu serba indah, ngga sakit. Kalau sampai sakit berarti ada yang salah. Saya juga pernah tetiba tengah malam badan  sakit  semua dan meriang karena ada infeksi dari payudara yang masih luka tapi saya paksa pakai bra. Namun saya terus sabar dan cari info sana sini agar bisa pulih. Akhirnya Alhamdulillah semua terlewati hingga sekarang Nicha berusia 6 bulan dan sudah lulus asix. 



Dulu dulu kalo ngeliat ibu ibu lain pamer beginian rasanya iri dan terintimidasi, sekarang alhamdulillah bisa "balas dendam" hehehe. 
Me and my baby girl 💙


Pumping di ruang perina saat Nicha sempet kuning dan harus disinar. Bisa dapet segini saat itu rasanya seneng banget. 

Dulu anak pertama saya pernah nyari dan menggunakan donor asi karena anak saya sempat kuning dan asi saya seret. Sekarang akhirnya asip nya Nicha berlebih dan bisa mendonorkan puluhan kantong asi ke 5 bayi perempuan lainnya yang membutuhkan. Alhamdulillah kini roda bisa berputar :') didukung oleh support system yang baik seperti suami saya juga. 

Yang mau baca lebih detail perjuangan saya merawat new born bisa dibaca Disini ya .. 

Tanggal 1 Agustus 2018 kemarin bertepatan dengan Pekan Asi Dunia yang jatuh tanggal 1 -7 Agustus, saya dan beberapa blogger lainnya berkesempatan hadir ke acara launching platform digital #MumToMum yang diadakan oleh Anmum. Platform ini bertujuan agar para moms dapat saling support dan sharing satu sama lainnya. Bertempat di Hotel Fairmont Jakarta, acara ini juga menghadirkan public figure Rinni Wulandari atau yang dikenal dengan "Rini Idol". Dia bercerita mengenai perjuanganya memberikan asi untuk anaknya Nord yang berusia 5 bulan. Asinya pernah seret karena dia kecapekan beraktifitas, namun di saat sedang happy dan kembali semangat pumping dan menyusui maka asi akan lancar kembali. Para moms lainnya juga bisa sharing seputar kisah saat kehamilan dan menyusui melalui platform #MumToMum dengan step step seperti ini : 

1. Buka www.anmum.co.id
2. Klik "Info lengkap"
3. Klik "Gabung Sekarang"
4. Isi data diri
5. Bisa sharing pengalaman ataupun bertanya pada pakar kesehatan.

Dokter Ariani Dewi Widodo Sp.A(K). sedang memberikan edukasi seputar menyusui.

Di acara tersebut juga hadir para pakar kesehatan seperti dokter Ariani Dewi Widodo Sp.A(K). Menurutnya, tips relaktasi agar asi selalu lancar adalah rutin mengosongkan payudara karena prinsip asi itu : Demand = Supply. Lalu skin to skin dengan bayi seperti pijat bayi yang dilakukan oleh ibu juga sangat penting dalam membangun bonding dengan bayi sehingga bisa menghasilkan hormon cinta alias hormon oksitosin. Salah satu fungsi hormon oksitosin adalah memperlancar asi. 
Ajaibnya, seorang ibu adopsi atau seorang nenek yang tidak habis melahirkan saja bisa memproduksi asi loh.. berkat skin to skin dan hormon oksitosin itu. MashaAllah.. keren yaa ! Di talkshow tersebut juga dipraktekan bagaimana cara memijat oksitosin. Alhamdulillah suami saya di rumah hampir setiap malam sebelum tidur selalu memijat punggung saya yang suka pegal ini. hehehe. Makasih paksu.. ngga heran asi saya sekarang selalu lancar :D


Ibu Ines Yumahana Gulardi sharing tentang gizi yang penting di saat menyusui.

Menurut ibu Ines Yumahana Gulardi, MSc Senior Nutrition Manager PT Fonterra Brands Indonesia, ibu menyusui perlu nutrisi yang  baik dan tidak perlu diet dulu karena ingin kembali kurus. Asupan gizi yang baik tidak hanya untuk bayinya namun juga ibunya karena ibu menyusui memerlukan kalsium yang tinggi. Hasil penelitian di Jepang, ibu disana rajin mengkonsumsi ikan yang sarat AHA dan DHA yang baik bagi perkembangan otak, hingga asi mereka juga berkualitas untuk si bayi. 

Selamat atas launching nya #MumToMum, semoga bermanfaat dan menginspirasi :)


Tentang Anmum

Produk Anmum menyediakan nutrisi penting seperti DHA, EFA dan Zat Besi. Anmum tersedia di 10 negara di Asia. 

  • Anmum Lacta mendukung peningkatan kebutuhan nutrisi ibu menyusui sehingga kebutuhannya terpenuhi selama masa penting ini. Mengandung komponen seperti Ganglioside (GA) dan nutrisi seperti DHA. Studi membuktikan bahwa asupan ibu yang mengandug DHA dapat mempengaruhi jumlah DHA dalam asi. 
  • Anmum Materna (untuk ibu hamil) mengandung asam folat yang terbukti klinis dapat meningkatkan status folat ibu untuk mengurangi resiko cacat pada bayi. Selain itu juga dilengkapi GA dan DHA yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi sekaligus menjaga kesehatan ibu selama kehamilan. 


Dari hamil anak pertama emang paling suka sama susu Anmum, ngga bikin eneg. Apalagi nyobain rasa barunya yang "Strawberry White Chocolate" sumpah enak banget ngga boong ! haha. Bergizi pula. 


So.. gimana moms ? masih semangat berjuang untuk menyusui  hingga 2 tahun? Pasti kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak kita yaitu ASI. Ingat yaa.. kita ngga sendirian kok..  sebagai millenial moms kini sudah ada wadah yang saling support seperti #MumToMum. Jangan lupa juga nutrisi dan gizi yang baik selama menyusui yaa...

Moms yang lain ada pengalaman menyusui yang juga ngga terlupakan ngga ?

Terima kasih sudah membaca, 

Salam, 

Inka 












15 comments:

  1. kalau Abdurrahman ASInya sampai dua tahun walaupun juga ditambah susu formula

    ReplyDelete
  2. Wah, syukurlah sudah ada platform keren seperti Mum to Mum dari Anmum ini,..bisa jadi tempat mencari dan berbagi pengalaman seputar kehamilan dan menyusui bagi para Ibu di Indonesia

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah aku berhasil mengASIhi selama 2tahun dan bersyukur banget ada Anmum #MumToMum ini karena bisa berbagi pengalaman selama mengASI lalu

    ReplyDelete
  4. aku sbentar lagi selesai nih. duhh momen menyusui itu emang ngangeninnnn

    ReplyDelete
  5. Menyusui lah dengan keras kepala.. ini prinsip yang selalu ku pegang walaupun berdarah2 dan nyeri.. masya Allah yaa buibuu setrong

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah, aku bisa menyusui 2 tahun.. memang penuh dengan cerita suka duka, tapi yang paling ngangenin adalah momennya itu lhooo.. love banget!

    ReplyDelete
  7. Masyaallahh inkaa hebat bgt yaa ternyata perjuangan mengASI-hi nyaa.. semoga kebayar semua pengorbanannya.. stay strong n enjoy motherhood yaa..

    ReplyDelete
  8. Salah pelekatan itu ya, bisa bikin sedep2 gimana sampe berdarah.

    ReplyDelete
  9. Waahh keren perjuangan ASInya! Untung ada anmum juga ya yang mengerti nutrisi buat si kecil

    ReplyDelete
  10. bener banget, pengalaman guru yg terbaik.. dulu jaman Raya aku mompa ASI kejar tayang karena ngga tau managemen ASIP yg baik. Jadi pas Shasha lahir, aku langsung mompa dengan gencar jadi tabungannya aman sampai sekarang, ngga perlu kejar tayang lagi meski produksi ASI lagi menurun :) udah gitu support sistem & pijat oksitosin itu sangat ngaruh buat busui, pokoknya busui harus hepi lah.. jauhi aura2 negatif biar ASI tetap terjaga kualitas & kuantitasnya :D

    ReplyDelete
  11. Aku msh berjuang ngasih ASI ini. Kmrn sempet ngedrop dan stok ASIP di kulkas tinggal dikit. Asli sedih bener deh, tp ini udah mulai membaik sih, semoga ke kejar buat stock2 nya :D

    ReplyDelete
  12. Wah syukur ya, skrng mamak nicha bisa donor asi. Nicha makin banyak sodara persusuannya. Semangat mengAsihi mba inka

    ReplyDelete
  13. Ada pepatah mengatakan ya "menyusui lah dengan keras kepala" itu lah yang kemudian membuat aku kuat strong bisa menyusui dan ngasih asi ke shanum waktu awal2 melahirkan shanum itu.

    ReplyDelete
  14. Untuk ngASI tuh yg dibutuhin memang support dan kudu keras kepala yaaa..

    ReplyDelete
  15. Menyusui itu mudah kalau tahu cara pelekatannya ya. Kalau sampai lecet begitu pasti salah pelekatannya. Semua ibu menyusui pasti pernah ngalamin kayak gini

    ReplyDelete