Lifestyle. Beauty. Motherhood

Lifestyle. Beauty. Motherhood

Tuesday, March 21, 2017

Current Morning Skincare Routine Pasca Breakouts

Assalamualaikum friends, 

Jadi... sekitar 3 bulan yang lalu, saya mengalami kembali kondisi kulit breakouts yang cukup parah... sebenarnya ga separah yang Skincare drama part 1  sih tapi penyembuhannya itu paling lamaaa.. skitar 2 bulan baru berangsur angsur membaik seperti sekarang. (Ada foto before after nya juga loh). Itu semua disebabkan oleh penasaran saya sama salah 1 produk skincare yang kata orang orang Holy Grail banget... (intinya sih gegara ga cocok sama skincare). Itu loh yang "air ajaib" brand dari Jepang.. depannya huruf S terus K.. terus ada II nyaa... (hahhaa ini mah udah ketauan yaa) Untungnya saya dapetin produk itu dari giveaway.. hehe jadi ngga nyesek nyesek amat udah mahal mahal taunya ngga cocok malah muka ancur ancuran hehhe..  Nah kalo Morning skincare routine saya sekarang kayak gini... 




Berpedoman pada teknik "layering" (meski bukan korean skincare amat sih yang sampe 10 steps) intinya dari tekstur yang paling cair ke paling padat. Berikut ini step step nya. 


1. Cleanser : Kieh's Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash.

Berhubung ini untuk pagi hari dan malamnya saya sudah melakukan double cleansing, jadi rasa rasanya buat pagi mah ga perlu lagi double cleansing. Sudah hampir 5 bulan saya menggunakan produk Kiehl's ini yang diperuntukan untuk kulit normal to oily. Formulanya emang gentle banget dan perasaan saya sih setelah rutin pakai ini kulit saya yang tadinya oily agak berubah jadi kombinasi atau normal gitu.. hehe.. ga sebermiyak dulu lah. Tapi kalo buat repurchase sih kayaknya ngga yaa... Mahal cyn.. T.T mau nyari yang lebih murah tapi sama bagusnya hehe. 

2. Toner : Hada Labo Ultimate Moisturizing Light Lotion.

Awalnya saya dapet produk ini dari goodie bag salah satu event, tapi karena yang dikasih ternyata untuk dry skin akhirnya saya beli yang for oily skin . Jadi Hada Labo ini adalah satu brand Jepang yang terjangkau dan sangat laris (katanya). Teksturnya cair kayak air aja nah perbedaannya sama skincare "barat" nyebutnya Toner, kalau versi Jepang nyebutnya "Lotion" padahal fungsi dan maksudnya sama aja. haha... bedanya cara penggunaan menurut versi BA nya Hada Labo itu si tonernya dituang ke tangan dan ditepuk tepuk ke wajah dan biarkan menyerap. Jadi no need kapas yaaah.. lumayan bisa hemat. Meski ada juga orang yang make produk ini pakai kapas, kalo saya sendiri lebih suka ditepuk tepuk ke wajah pakai tangan aja.. jadi lebih berasa nyerap dan kulit lebih lembutnya... konon katanya lebih sering ditabok #eh produknya jadi bagus meresapnya.. haha asal jangan sampe muka lembam lembam aja ya kebanyakan ditabok #yakeleus . hehe.  Yang jelas pentingnya toner itu ga cuma buat balikin ph kulit ke asal tapi juga agar skincare berikutnya menyerap dan bekerja dengan lebih baik :D Karena emang berasa bedanya kalau abis cuci muka pakai toner atau ngga. Kebetulan si Hada Labo Light Lotion ini saya udah sampai botol ke dua, murmer 30 ribuan aja di Carefour juga banyak. 

3. Eye Treatment : The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG 

Jangan tanya saya apa itu arti kandungan Caffein Solution dan EGCG.. hahha yang jelas klaim nya : "Reduces Appearence of Eye Contour Pigmentation and of Puffiness". Saya pribadi sih ngga ngarepin circle eye atau mata panda saya tiba tiba langsung ilang, paling ngga semacam investasi supaya kantung mata ngga gampang keriput dan cepet keliatan tua. Sama salah satu rahasianya adalah yang namanya day cream atau moisturizer itu sebenernya tidak untuk dipakai dibawah mata loh :D soalnya kulit bawah mata itu tipis sensitif banget jadi bagusnya emang harus pakai treatment khusus mata. (Hayo siapa yang masih suka pakai moisturizer di area sekitar mata ? saya pun pernah hehe).  Teksturnya  cair agak oily dan pemakaiannya cukup satu tetes di sekitar mata lalu dibuat circular motion. Lama lama meresap dengan baik tanpa meninggalkan kesan lengket atau oily. Awalnya emang kayak ada bahasanya "tingling sensation" tapi lama lama ngga kok.. Area kulit sekitar mata jadi terasa lebih lembab dan segar. The Ordinary ini adalah satu brand skincare dibawah DECIEM asal Kanada dengan konsentrasi tertentu terhadap permasalahan kulit. Yang bikin menarik juga harganya ngga semahal serum brand high end namun kandungan dan kualitasnya juga mirip mirip. Ngga heran brand ini cepet banget banget sold outnya. hehe. 


4. Serum : The Ordinary Alpha Arbutin 2% + Hyaluronic Acid

Still with this instafamous the Ordinary ❤ ! hehe. Kali ini konsentrasinya untuk mengurangi dark spot. Jadi si Alpha Arbutin itu fungsinya untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Ingat yaa.."mencerahkan" bukan "memutihkan" :D Katanya sih bisa juga dipakai untuk bekas jerawat yang menghitam, tapi emang kudu sabar dan agak lama sih hasilnya. Formulanya lebih thick dibanding yang si Caffeine, awalnya kayak agak lengket pas diapliasikan ke kulit. Tapi lama lama meresap, sekitar 5 menitan gitu siih... habis itu kulit rasanya jadi haluuuss.. banget. Mungkin karena kandungan Hyaluronic Acid nya yang emang bisa bikin kulit halus. Sebenernya bisa digunain untuk seluruh wajah, tapi karena saya orangnya irit jadi saya sih olesinnya ke area dark spot yang bermasalah aja yaitu bagian pipi kanan dan kiri. Untuk resultnya sih saya rasa belum terlalu keliatan karena belum ada sebulan pemakaian. Paling ngga semoga darkspot nya ngga makin gede sih hehe. 


5. Lip Balm : Lucas Papaw Ointment

Sebenernya brand asal Australi ini bukan cuma lip balm sih.. multifungsi dan serba guna banget... bisa buat meredakan kulit yang digigit serangga, bekas luka, bagian kulit badan yang kering, bahkan teman saya make ini buat calon jerawat yang akhirnya ga jadi muncul :D intinya sih mirip banget kandungan manfaatnya sama Petroleum Jelly ! (yang mana petroleum jelly saya masih banyak ga abis abis !) haha agak mubazir jadinya :p 

6. Day Cream : Skin In A Bottle by The Aestethics.

Awal saya coba pakai si SK II FTE, cream ini saya stop dulu. Lalu saya gunakan SK II nya awal saya kira purging doank tapi kok makin lama makin parah.. udah di stop juga masih beruntusan.. saat agak better saya lanjut pakai cream ini lagi alhamdulillah kulit saya makin membaik, beruntusan hilang, ngga kusam lagi, bisa glowing lagi. Sebenernya balik ke masing masing yaa cocok cocokan kalau mau pakai cream dokter, menurut saya asal cocok dan bahan bahannya aman dan ngga mengandung merkuri, dan udah ada sertifikat BPOM nya juga inshaAllah aman :) Enaknya kalau pakai ini sebelum make up tuh selain melembabkan juga bikin lebih cerah, terus udah ada SPF nya juga jadi bisa juga jadi sunscreen. Kadang tinggal pakai bedak two way cake aja ga usah pakai foundie muka udah lebih seger dan glowing.

 7. Sunscreen : SkinAqua SPF 50

Nah kalau misal saya keluar rumahnya agak lama atau bakal panas panasan dibawah sinar matahari sih wajiiib.. banget nambahin SkinAqua setelah Day Cream. hehe. Karena kayak percuma mau pake skincare apapun kalo ngga dilindungi pake sunscreen sama aja bodong. haha. Soalnya ternyata bahaya sinar UV B dan UV A itu gawat loh .. kebetulan si SkinAqua ini formulanya light bangeet.... water based juga, cepet nyerep dan ngga bikin jerawatan. Awalnya sih emang agak dewey di muka, tapi lama lama nyerep kok. Sebenernya sih ada yang untuk kulit berminyak yatu yang SPF 30, tapi menurut saya biar efek perlindungannya maksimal jadi pakai yang SPF 50 sekalian. hehe.

Nah yang penasaran before after muka saya pas breakouts sampai sekarang udah "sembuh" kayak gini kira kira.. 

Ini pas seminggu pakai SK II, malah berutusan di pipi dan jidat. Dikirain cuma purging dan akan membaik.



 
Ini pas 3 minggu pemakaian, malah makin banyak dan gede gede beruntusannya. Hiks. Ga kuat dan akhirnya stop.



Setelah stop pakai SK II, saya sempet "puasa" skincare apapun selama 2 minggu. Paling cuma face wash doank.. dan itu beruntusannya masih ga ilang ilang T.T oh ya sempet pakai Clinda Gel juga sih dari dokter kecantikan buat ngeredain iritasinya. Ada juga yang bilang kalau pakai SK II itu harus sabar purgingnya bisa sampe 3 bulan... abis itu baru bagus. Duuhh saya mah nyerah deh ga kuat kalau kulit ancur ancuran dulu selama 3 bulan.. haha. Tapi emang kalau yang cocok sih katanya ngga pake purging, langsung bagus dan emang dibilang Holy water. Karena pertimbangan itu, SK II Pitera Essence Set nya saya bikin giveaway saja di Instagram siapa tau ada yang lebih membutuhkan. hehe. 

Karena dapetinnya dari giveaway, maka melepasnya juga dari "Giveaway" :D Goodbye saya udah ngga penasaran lagi deh :D
 
 Setelah hampir 2 bulan pemulihannya sampai akhirnya saya mulai berani lanjutin skincare routine saya lagi dan beberapa produk juga ada yang diganti lalu begini hasilnya...  



Tara .. !! haha iya sih agak curang memang fotonya bukan yang lagi bareface tapi lagi bermake up dikit :D hehee. 
Intinya saya jadi belajar lagi kalau yang menurut orang itu bagus, belum tentu cocok sama kita. Harga ga jaminan. Dan notes juga dari pengalaman saya sebelumnya sama Pixi Glow tonic ga cocok karena ada kandungan AHA nya. (Alpa hidroxy-acid) dan baru ngeh SKI II juga ada kandungan AHA nya. Sebenernya fungsinya sih bagus untuk exfoliate sel sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah dan kenyal,  tapi itu dia tiap orang cocok cocokan. Sama konsistensi juga sih.. jujur saya semenjak rajin double cleansing dan scrubbing 2x seminggu itu komedo bisa dibilang ilang semua ! hahah yaa masih ada dikit tapi ga separah duluu.. dulu tuh parah banget deh komedo saya kalau di facial pasti nangis nangis saking sakitnya hihi. Ditambah rutinitas malam seperti maskeran atau sheet mask=ing 2x seminggu itu kulit wajah jadi lebih terasa ternutrisi...mulus..  glowing.. mungkin next postingan akan saya share tentang masker dan sheet mask favorit :D


Oh yaa buat teman teman yang mau belanja skincare atau make up terlengkap dengan kualitas ok dari  bisa di Sociolla yah.. terus sebelum check out bisa masukin kode voucherku SBNLAY50 nanti bisa dapet potongan harga 50 ribu loh .. (minimal belanja 250 ribu) lumayan kaan... :D



Terima kasih sudah membaca, 

Salam :) 

Inka 💜


8 comments:

  1. Syukurlah ya mba akhirnya membaik kulitnya...akupun pengen coba pitera maju mundur takut mengalami hal yg sama.

    www.gianaryanti.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iyaa Giaan.. penasaran tapi takut ga cocok yaa.. cobain yang sample size nya aja dulu :D

      Delete
  2. Kulit wajah aku jg breakout nih huhuhuhuhu.... sama kyk inka bruntusan & parah, kirain akan membaik eh taunya tambah parah.. skrg lg nyari produk apa yg cocok, sampe gatel2 bgt ini wajahnya 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah.. :( gara gara apa breakouts nya mbak san ? salah skincare ? dicari tau dulu yaa pencetusnyaa.. perasaan terakhir abis treatment yang bikin kinclong wajah kan ya...

      Delete
  3. Yaampun kak inkaa racuuun parah!!!
    Aku penasaran banget sama the ordinary sama the aesthetics juga.

    Bisikin dong harganya :ppp

    Skii aku baru nyoba yg sheetmask aja hehe. Allhamdulillah sik gpp. Kalo produk teman2nya blm tahu. Gakuat siis harganya!!

    Maksih sharingnya kak inka:)))

    eh aku juga penasaan sama lipbalmnya hahhaa
    Btw sunscreen itu sebenernya dipakai di awal or di akkhir yah? Naahloooh;)) *nanya benneran*

    Si hadalabo samma skinaqua juga favoritku sis hihi. Dan alhamdulillah cocok:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi Halo Ifaaa... serum The Ordinary sekitar 200- 300ribuan say.. aku kan pernah konsul di counter Kiehls untuk serum yang mirip2 manfaatnya itu bisa 800ribuan loh! haaha jauh lebih murah The Ordinary kaan... kalo day cream nya The Aesthetics itu seratus ribuan .. alhamdulillah belum nemu yang lebih bagus dari ini hehe

      Bibir kamu suka kering atau pecah pecah ngga fa ? bisa pake si Lucas Paw Paw ini.. tapi klo udah punya lip balm yang cocok sih pake yang udah ada aja hehee

      Jadii.. kalo sunscreen itu kalo dalam urutan skincare dipake nya di step paling akhiir... tapi kalo di urutan make up itu paling awaal... sebelum foundation atau bedak... hehee yg penting udah sampai nyerap dengan baik .. moga2 dapet pencerahan yaaa :D

      Waah iyaaa aku jadi pake hadalabo sama skinaqua gara2 event nya Clozette loh haha mantep deeeh ! hihi

      Delete
  4. Wah untung udah balik jadi flawless lagi ya babe <3
    Makanya aku ga berani cobain si SK-II ini deh soalnya takut ga cocok - jadi purging, dan takut cocok - mahal ga kuat belinya hehe.
    Btw, aku lg pesen The Ordinary jg nih semoga cocok yaa hihi pengen coba eye treatmentnya yg kaya punya kamu tp sold out :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Alhamdulilah udah balik jadi bagus lagi mukaku... iyaah serba salah yaa kalo mau beli SK takut udah mahal trus ga cocok, kalo cocok ngeri juga karena kudu beli terus.. haha.. waah iyyaa Sold out yaa di Benscrub ? moga2 cepet restock lagi yaah.. gila sih emg the Ordinary cepet bgt abisnyaaa hehee

      Delete