Lifestyle. Beauty. Motherhood

Lifestyle. Beauty. Motherhood

Sunday, November 20, 2016

My Skincare Routine Drama Part 1

Assalamualaikum dear friends, 

Sejak 3 tahun terakhir, untuk urusan skincare saya hanya memiliki 3 "senjata wajib" yaitu : Day Cream (Skin a Bottle), Night Cream dan Facial wash (Purifying Bright Cleanser) dari klinik The Aesthetics . Alhamdulillah dari sejak hamil Fahri saya pakai (karena kandungannya aman untuk bumil) dan memang hasilnya muka saya lebih cerah, mulus, hampir ngga pernah jerawatan. Pokoknya kulit muka ga rewel deh. Tapi yang saya suka skip dan males yaitu pada proses cleansing terutama Make Up Remover ! haha karena yang saya tau dulu itu hanya berupa Cleansing Milk yang lengket dan kurang nyaman di kulit. Ada juga yang katanya 2 in one sekaligus whitening toner (Sebut saja merk nya Oval :p) tapi kok rasanya perih banget di muka dan endingnya berasa kering. Scrub dan facial pun juga jarang jarang karena suka malas dan sakit dipencet komedonya. Alhasil komedo saya kerap bertengger dan munculah dark spot di kedua pipi saya. Hiks. 


Morning Skincare saya sebulan terakhir ini

Oh ya selain cream wajah, setahun yang lalu selama 3 bulan saya juga pernah coba Nu Skin Galvanic Spa yang terkenal dengan istilah "Setrika wajah" hihi. Jadi alat-alatnya itu punya almarhum mama, yang habis tinggal gel, cleansing milk dan Napca nya saja. Kebetulan ada teman yang member nya Nu Skin jadi saya beli dan mencobanya sendiri di rumah. Efeknya juga lumayan oke... muka lebih cerah, bersih, komedo juga lumayan berkurang.. Banyak juga dulu yang nanya "Inka pakai perawatan apa?" hehe. Tapi saya memutuskan ngga lanjutin dulu beli gel lagi yang habis karena selain harganya yang lumayan mahal (hampir 700ribuan) menurut saya Nu SKin Galvanic Spa lebih cocok untuk yang usianya sudah lebih tua misalnya di atas 40-50 tahun karena efeknya bisa mengencangkan wajah, menghilangkan kerutan, membuat tirus wajah (kebetulan muka saya sih udah berbentuk lonjong dan tirus) hihi. Ditambah juga prosesnya itu dalam seminggu dilakukan 2 kali dan menghabiskan waktu 20 menitan. (intinya sih suka males "nyetrika wajah" nya yang lumayan ribet) hehe. 


Ini ibarat "warisan kecantikan" almarhum mama, mungkin saya bakal pakai lagi kalau udah lebih tua. hehe
Nah menyadari kepanikan saya akan darkspot dan kekaguman (antara kagum atau heran) para ABG atau beauty blogger yang skincare routinenya bisa sampai 10 step setiap harii... (ngga heran sih mukanya pada mulus kinclong) saya pun mulai lebih concern dengan skincare routine hingga penasaran pengen coba ini itu yang lagi hits. Oh ya sebelumnya karena dulu saya sempat terobsesi ingin punya kulit lebih putih, saya pun mencoba menggunakan Serum Whitening Vitamin C. Setelah penggunaan hampir 2 minggu.. pipi saya jerawatan besar ada 3. (Padahal sebelumnya jarang banget jerawatan) Dan itu bukan jerawat biasa yang bakal mateng, keluar mata dan kempes tapi jerawat yang susah banget ilang bahkan sampai sekarang bekasnya masih ada. Hiiikss.. Ternyata setelah konsul dengan dokter kulit, diperkirakan saya alergi dengan vitamin C, ngga cocok deh intinya jadi saya diminta stop dulu serum nya atau seminggu sekali saja pakainya.. Berbekal pengalaman tersebut, saya jadi sadar kalau saya memiliki kulit yang sensitif.. dan berminyak.. sehingga saya memutuskan untuk memilih produk untuk Skincare Night Routine seperti ini... (setalah browsing blog sana sini, lihat review dari Female Daily juga yah) 


Skincare Night Routine October - Nov 2016

Oh ya karena saya bukan dokter, bukan expert, jadi maksud saya menulis ini hanyalah untuk berbagi pengalaman yah teman teman.. :) barangkali ada yang senasib, segalau, atau yang lebih berpengalaman mari kita komen komenan.. hehe.

Step-step ala saya : 

1. Make up remover : 
Bioderma Micellar Water Sensibio
 Udah pada tau banget lah yaa ini produk yang berasal dari Perancis.. dinobatkan sebagai Best Make Up remover versi Clozette, Cleo Magazine, Female Daily. Formulanya yang kayak air bening sama sekali ga ninggalin efek lengket di kulit. Sisa make up nya gampang banget keangkat. Gampang ditemukan di drugstore. Dan ga perlu pakai bilas lagi kalau lagi males cuci muka bisa ditinggal tidur aja. hehe. Oh ya awalnya saya beli yg warna hijau karena untuk kulit berminyak dan berjerawat. (Meskipun saya jarang jerawatan) Nah .. seminggu awal memang sempat ada kayak jerawat jerawat kecil di sekitar hidung.. tapi ga gitu parah.. hingga akhirnya saya sok memutuskan berhubung kulit saya sensitif jadi coba ganti pakai yang si Pink Sensibio untuk kulit sensitf. Bedanya lagi yang hijau ada fragrance nya (enak sih seger) kalau yang pink ga ada wanginya sama sekali. 


2. Facial Wash :
 Kielh's Callendula Deep Cleansing Foaming Face Wash. 
Awalnya penasaran dengan produk Kiehl's lagi booming dan terkenal dengan bahan2 nya yang organik, no paraben, aman buat bumil dan busui. Isenglah maen ke counternya dan konsul sama Beauty Advisor nya. Setelah di tes ternyata benar jenis kulit muka saya berminyak. Ditambah pengalaman sensitif pula akhirnya saya disodorin produk ini yang memang untuk kulit oily dan sensitif. Lumayan mahal sih untuk facial wash, huhu.. tapi memang hasilnya oke gentle banget... calm kulit ga kayak habis ketarik habis cuci muka, wanginya juga enak nenangin tapi ga mencolok.

3. Acid Toner : 
Pixi Glow Tonic.
Hohoho.. ini dia Acid toner yang katanya jadi Holy Grail para beauty blogger.. asli penasaran karena selama ini yang saya tahu untuk exfoliating atau pengangkatan sel kulit mati itu adanya ya dalam bentuk Scrub. Kalau toner ya beda lagi fungsinya yaitu untuk mengembalikan PH kulit kita setelah cuci muka. Nah Pixi Glow ini mengandung Glycolid Acid. Dia bisa melakukan gentle exfoliating tanpa pengelupasan, orang-orang bilang dalam pemakaian rutin kulit jadi lebih glowing dan cerah. Kalau saya menggunakan nya 2 hari atau 3 hari sekali. Karena kalau tiap hari takut over exfo. Dan saya juga beli di onlineshop yang size kecil dulu karena yang besar mahaaaall.. haha biar trial dulu masalah cocok dan ngga nyaa :) Hasilnya memang kulit saya sempat lebih glowing dibanding sebelumnya.hehe.

4. Hydrating Toner
Bioderma Sensibio Tonique. 
Jadi.. sehabis kita pakai Acid Toner itu hukumnya WAJIB pakai hydrating toner agar kulit kita ga kering dan bisa kembali lembab lagi. Benar saja.. habis menggunakan Pixi Glow, 20 menit kemudian saya menggunakan toner ini (di tap tap pakai kapas) seperti ada sensasi "Nyyyeess..." sejuk gitu di kulit. hehe. Bila tak menggunakan acid toner saya juga selalu menggunakan toner ini sehabis mencuci muka. Agar kulit muka kita dalam kondisi siap dan ok untuk menyerap step skincare berikutnya.

5. Masker : 
Menard Asserie Pack Clay.
Produk Clay Mask asal Jepang ini saya tau nya dari blog nya Andra Alodita dan Lizzie Para. Dikenal dengan istilah "Masker Hulk" karena warnanya yang hijau saat dipakai. Saya menggunakan masker ini sekitar 2x seminggu saja apabila muka lagi merasa lelah atau kusam. Selama digunakan masker ini tidak kaku di wajah jadi kita masih bisa ngobrol ngobrol ketawa ketiwi sama orang lain (jadi inget terakhir pakai masker ini si Fahri ngeliatin bukannya takut tapi malah ketawa ketawa) :D Wangi Green Tea nya enaaakk.. calming.. kayak mood booster yang habis capek seharian. Hasilnya setelah dibilas muka kita jadi lebih lembuuut.. lembab dan fresh ! cocok buat me time lucu deh pokoknya :p

6. Acne Treatment
The Body Shop Tea Tree Oil "Huile D'arbre A The".
Waktu itu sempat kebingungan sama si 3 jerawat cystic gegara alergi vit C yang ga ilang kalo cuma pakai acne gel merk Nourish. Sempet penasaran sama produk Korea Cosrx Blemish Centella Cream atau yang Pad nya yang katanya ampuh banget buat ilangin jerawat. Tapi karena harganya cukup mahal dan cuma ada di online shop saya urung dulu. Kebetulan di mall ngelewatin counter Body Shop dan ada rangkaian Tea Trea Oil yang katanya ampuh ilangin jerawat. Saya pakai 2x sehari sih hasilnya biasa aja belum yang wow banget. Mungkin juga karena ini sebenarnya sudah kering tapi bekasnya yang susah pudar. 

7.  Face Oil 
Bio Oil.
Sebelumnya saya penasaran banget sama Roseship Oil merk Sukin atau Trilogy yang katanya bagus banget buat ngurangin darkspot dan menjaga kekenyalan wajah. Tapi berhubung harganya lumayan mahal dan saya masih takut alergi an jadi saya pun termakan rayuan mba mba drugstore untuk membeli Bio Oil saja. hehe. Ya Bio Oil ini udah mendunia banget terkenal untuk mengurangi strech marks, scars (bekas luka) kulit kering, anti aging, perbedaan skin tone (dark spot). Ga hanya masuk drugstore bahkan di Indomaret saja udah ada :D Saya menggunakannya sehari 2 kali : Pagi dan Malam. Tapi berhubung kulit saya jadi oily banget kalau pakai seluruh muka jadi belakangan ini saya cuma pakai di pipi yang ada darkspotnya saja. Diusap usap hingga benar benar menyerap. Kalau untuk hasil sih karena baru sebulan jadi belum keliatan. Harus minimal 3 bulan. Intinya sih sabar dan katanya mau pakai skincare apapun yang namanya darkspot itu ga bisa dihilangkan tapi hanya bisa dikurangi. hehe (agak sedih).

8. Lip care 
Maybeline Lip Balm
Karena bibir saya ga begitu bermasalah, saya menggunakan Lip Balm Maybelinne yang mudah ditemui di Indomaret dan teman temannya. Hihi. Mengingat saya juga suka menggunakan lipstick liquid matte yang suka bikin bibir kering jadinya tidak lupa menggunakan lip balm sehari 2x atau sebelum memakan lipstick matte untuk menjaga kelembaban bibir.

9. Eye Cream
Sebamed Lifting Eye Cream.
Nah ini dia salah satu ciri khas saya yaitu kantung mata atau "Mata Panda". Berhubung katanya mau pakai eye cream apapun itu Mata panda ga bakalan ilang (lebih tepatnya dikurangi atau dijaga terus kelembabannya) saya beli Eye Cream di Drugstore aja. (Meski penasaran juga katanya Eye Cream Avocadonya Kiehls enak dan bagus?)
 Siapa yang ngga tau Sebamed dan kualitasnya ? Katanya sih dalam pemakaian Eye Cream Sebamed dalam 30 hari bisa membuat wrinkle di mata berkurang. Di saya memang belum terlalu keliatan efeknya yang jelas habis menggunakan produk ini, tapi kulit dibawah mata terasa lebih sejuk dan hydrate. Kalau menurut saya sih intiya jangan suka begadang, makan makanan bergizi, dan jangan nangis2 galau aja biar mata pandanya ga makin parah. #eh :))

10. Night Cream
The Aesthetic.
Di malam hari saat kita istirahat tidur justru kulit kita lagi aktif-aktifnya bekerja dan terjadi proses regenerisasi. Maka dari itu salah satu ritual penting saya sebelum tidur ya wajib menggunakan Night Cream. Supaya pas bangun pagi hari muka kita lebih siap dan fresh menyongsong aktifitas. #hasiiik

Oh ya segini pun sebenernya belum lengkap banget karena saya masih skip pakai serum dan essence, (karena sempet alergi pakai serum vit C) padahal serum itu katanya "kuncian" banget buat perawatan muka. Tapi karena formulanya agak keras, harga ga murah dan suka "cocok-cocokan" jadi mungkin nanti nanti lagi hunting serum nya nunggu mukaku makin kalem dulu. hihi. 


Skincare products dari The Aestetics yang sudah 3 tahun saya gunakan. Ngga mau ganti ganti dulu karena udah cocok. 

Naahh.. sekitar seminggu yang lalu saya mengalami hari hari terburuk pada wajah saya yaitu bermunculan jerawat kecil putih buanyaaakk.. di sekitar T Zone saya yaitu Hidung, Jidat, antara pipi dan hidung. Panik dan gengges banget ngeliatnyaa... T.T karena seumur umur ngga pernah separah ini. 


Paniknya kurang lebih kayak giniii :p
Langsung lah saya konsul saya dokter kulit saya (yang kebetulan adik ipar) analisa pertama saat hari minggu saya sempat seharian aktifitas di outdoor menggunakan Foundation merk baru (Maybeline Matte Fit Me) bisa jadi ga cocok jadinya bereaksi alergi. Analisa kedua saya menggunakan sponge beauty blender lama untuk shading hidung (takutnya kadalurasa atau kotor banyak bakteri). Akhirnya stop dulu pakai foundie tapi tetap pakai skincare kayak make up remover, facial wash dan toner. Ternyataaa besoknya itu jerawat malah makin banyak dan nyebaar T.T sedih bangeeet... rasanya kangen masa masa ga pake skincare aneh aneh alias cuma cream ajaaa.. huhuhu... tapi saya tetap optimis "Badai Pasti Berlalu" (agak lebay ye) akhirnya saat itu diputuskan STOP semua skincare apapun.. dan saya dikasih obat "Clinda Gel" dari dokter untuk meredakan jerawat-jerawat alergi itu. Asli waktu itu sampai pasrah dan takut pakai apapun, cuma percaya 1 skincare yang ga bakalan bikin alergi : AIR WUDHU ! hehehe... (resep skincare favorit suami saya ituuhh .. ditambah IKHLAS katanyaa.. hehhe ) iya deh PAk Ustad.. :))

Alhamdulillaahhh... 2 hari ini kulit saya much much better... udah ga numbuh lagi jerawat kecil mengerikan itu.. tinggal bekasnya aja sih dikit moga2 cepet pudar .. daaann.. setelah analisa sayaaa.. penyebab muka saya alergi jerawatan adalah ketiga produk ini... : 


Yang katanya the best product dimana mana eh di saya ga cocok.
Berdasarkan observasi saya sebulan terakhir ini kenapa T zone dan daerah hidung saya berminyaaak banget.. kayak kilang minyak. Padahal dulu ga gini gini amat. Sempet dikira apa karena habis treatment Black Doll Laser jadi kayak efek kayak gini.. tapi kata dokternya sih seharusnya ga bikin efek muka jadi lebih Oily... Ternyata dokter saya pun pernah coba Pixi Glow Tonic dan Bioderma juga ngga cocoook.... ( oh finaly I'm not alone :')

Baru ngeh si Pixi Glow tonic ini mengandung AHA (meski judulnya for all skin types) tapi lebih cocok untuk kulit kering, sedangkan kulit saya berminyak. Kalau di orang lain hasilnya lebih "glowing" bisa jadi di saya lebih "Kilang minyak". Naaah untuk si Bioderma Sensibio ini kan judulnya  buat kulit sensitif, ternyata lebih cocok buat kulit kering. Soalnya kan yang untuk kulit berminyak udah ada yang Sebium alias warna hijau (yang saya inget awal awal pakai sempat purging jerawat kecil2 tapi cepat hilang.) Meski banyak juga sih orang-orang kulit berminyak yang pakai Bioderma Sensibio tapi cocok. Tapi di saya ngga. 

Pesan Moral (buat saya juga):
 1. Ga semua produk favorit orang orang itu cocok di kita..
  2. Kalau nyobain skincare kudu satu satu banget buat liat reaksinya dulu, jadi bisa analisa kalau purging atau break out itu gegara produk yang mana. 
3. Kalau mau beli skincare baru yang ukuran kecil aja biar ga nyesek kalo udah mahal-mahal eh ga cocok.

Sekian dulu postingannyaa.... mungkin ada teman teman yang juga mau berbagi pengalamannya ?? Atau masukan lagi buat saya kira kira make up remover  yang oke selain bioderma apa yaah..? Saya sih masih agak trauma model Micellar water, bisa bisa balik ke Cleansing Milk lagi yang InshaAllah aman :D penasaran juga sama Zero Banila Co yang lagi hits dan lucu teksturnya,, tapi takut juga katanya mengandung Mineral Oil yang bisa menyumbat pori-pori untuk kulit berminyak. hheheh (banyak penasaran tapi banyak takut juga)

Oke deh just drop some comments yaaah bila berkenan :D 

Terima kasih sudah membaca.

Salam :) 

-Inka 


  

8 comments:

  1. Bue,coba Heimish All Clean Balm, itu baguss utk kulit sensitif. No paraben, natural dan no mineral oil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini apa na? make up remover ? itu dia na aku kayak agak trauma sama skincare yg judulnya "buat kulit sensitif" ternyata maksudnya buat kulit kering, kulit aku berminyak soalnya. huhu.. Aku sih kmrn pas acara Hada Labo jadi beli Make up remover sama Toner yg buat kulit berminyak. Review org2 di Female Daily ttg HL rata2 bagus smua dan muraah hehehe.. tapi aku masih takut2 nih nunggu semingguan dulu kayaknya baru berani coba2 lagi hehe...

      Delete
  2. Itu nasihatnya Pak Suami Te Oo Peh bangeeeet mbak Inka hahahaa ... Kayanya anti alergi dan adem di hati hahaha ... semoga badainya ga nyerang lagi ya mbaaak ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa betul mba Ririi.. amin makasih yaaa :D

      Delete
  3. Mba Inkaaa.... aku jg termasuk yg suka gatel pengen nyoba skin care tp takut juga nyobain. Hahahha. Make up remover aku tetap dua langkah pakai pelembap sama penyegar viva (eh ini masuk
    make up remover gak ya?) :)))

    Makasi sharingnya mba Inkaa 😘😘😘



    Makasi s�haringnya mba Inkaa...ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya Minda itu dia kalo mau fix skincare-ran seru nya ya kalo ternyata cocok dan bagus tuh bisa ketagihan tapi kalo ngga cocok bisa jerawatan dan drama haha...
      Hemh kalo make up remover jaman sekarang banyak tipe nya, yang paling klasik sih Cleansing Milk (kayak Viva atau Ponds), trus ada lagi Micellar water (tanpa bilas), Cleansing Balm dan Cleansing Oil yang fungsinya smua buat angkat make up. Kalo penyegar atau toner fungsinya lebih buat balikin PH kulit kita kalo abis cuci muka. Dulu aku kira juga toner buat angkat make up ternyata keliru. hihi. Nah maksudnya Minda pelembab Viva itu cleansing milk atau pelembab yang dipakai sebelum pake make up ? hehehe...

      Delete
  4. Mbaa...aku juga sempet kepikiran pengen coba pixi glow tonic saking heitz nya di kalangan beauty blogger. Tapi aku urungkan niatku takut purging. Btw Kiehls Callendula emang juara yaa...aku pakai tonernya udah 2 botol hampir setahun. Skincare emang trial eror hihi.

    www.gianaryanti.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Giaan.. kayaknya emg kudu baca indrigients dengan seksama yaa.. mana2 kandungan yg suka bikin purging contohnya di Pixi glow Tonic ada kandungan glycolic nya gitu dan aku kalo pake skincare yang mengandung si glycolic itu pasti purging dan dramaa haha.. iyaa enak banget kalo muka yang selalu cocok pake apa aja yaa hihi

      Delete