Lifestyle. Beauty. Motherhood

Lifestyle. Beauty. Motherhood

Friday, October 14, 2016

Workshop @YukBelajarBareng "Motret Pakai HP Saja"



Assalamualaikum dear friends,
Suka liat kan foto2 kece para Online Shop atau Blogger yang serba clean, menarik dilihat, bikin ngiler dan lain lain ? Banyak yg ngira kalo foto foto bagus tersebut wajar karena difoto pakai kamera mahal atau oleh fotografer profesional. Ternyata foto2 kayak gitu bisa dihasilkan cuma dari kamera HP loh, yang motoin mah ibu ibu. hihi. 


Picture source : IG @ariana_arriana . Ini hasil foto dari HP :D


Berawal dari keikut sertaan saya menjadi member #UploadKompakan (komunitas fotografi di Instagram) namun saya merasa skil foto saya masih jauh.. kurang bisa menunjang foto2 kece buat blog. Lalu saya melihat salah satu foto oleh mbak Ariana Octavia (Smartphone Photografer) yang rajin setor foto di @uploadkompakan , fotonya selalu menarik dan tidak meggunakan kamera SLR tapi hanya menggunakan kamera HP Samsung Grand Prime yang sudah 4 tahun digunakan :D Saya melihat promo workshop "Motret dari HP Saja" di instagramnya yang dikhususkan untuk para wanita pemilik onlineshop atau blogger. 

Benda benda di Tembok "Kami Ruang dan Kafe ini artistik banget :)
*abaikan muka orangnya* :p

Berangkatlah hari Sabtu  saya dan mbak Riri (DIY Blogger yang kenal dari event blogger sebelumnya) barengan ke lokasi workshop yaitu di Kami Ruang & Kafe Depok (deket dengan kampus UI ku tercinta.. hehe) Roadshow ini merupakan workshop ke 4 yang diadakan komunitas @YukBelajarBareng yang menyelenggarakan ke kota Jabodetabek lainnya.

Menurut Mba Ariana, jika kita ingin menghasilkan foto bagus maka juga harus paham styling benda nya, cahaya yang bagus (sebisa mungkin dari cahaya alami matahari di teras rumah) Jadi yang namanya edit foto menggunakan snapsheed atau vsco cam ibarat hanya menambahkan "make up" pada hasil foto kita. Selain itu juga harus menentukan sudut foto kita apakah : 

1.  BEV (bird eye view) Kamera di atas menghadap ke bawah
2. Sudut 45 derajat
3. Eye Level (lurus)

Mbak Ariana sedang sharing tentang teknik foto 
Setelah belajar teori sekaligus tanya jawab yang seru dan sangat interaktif, kita pun ada langsung prakteknya... dibuatlah 4 kelompok sesuai bidangnya atau interestnya masing2.. ada kelompok Aksesoris, Makanan, Baju dan peralatan Baby. Setelah terjun styling dan foto2, foto kita langsung "dinilai" oleh mba Ariana, ini dia hasil foto saya kmrn.. :D 

Menurutnya, angle foto saya terkesan nanggung, mau Eye Level
atau sudut 45 derajat, Iya juga sih yaa :D
Nah kalau foto yang dibawah ini pindah ke kelompok aksesoris : 

Kalau yang ini ponten nya si kalungnya mestinya dibikin natural aja ga
usah dibentuk - bentuk :D
Di akhir acara pun tentunya kita foto rame rame donk .. 

Bersama pembicara dan para peserta workshop YBB 4 Sesi 1. Alhamdulillah
sampai skrg kami masih silaturhami di grup whats app yang bisa saling sharing ttg fotografi, nitip belanjaan properti, dll hihi. 

Nah.. selsei workshop pun kami ada "PR" nya nih yaitu foto sendiri di rumah menggunakan objek dan properti pribadi kita... kira kira beginilah hasilnya.. hehe..



Ini moto pake  HP saya pagi pagi :)  
Melalui snapsheed bisa menggunakan fitur "selective" untuk menyelaraskan bagian warna yg terlalu gelap. 


Pertama kali foto dengan "Point interest" lebih dari 1 objek. Bingung.  Sempet 3x ganti styling :D

Oh yaaa... btw aksesoris Flower Petal dan Tassel Earing ini nama brand nya @deekholidah , mereka menjual online aksesoris seperti anting anting lucu, flower headband, kalung, bros, topi, via instagram dan website di www.deekholidah.com. Ngga hanya via online tapi sering juga buka stand di bazar2 event Hijabers gituuu.. saya pun pertama tau dari acara HIjab Day di Hijabers Community ada stand Deekholidah ini. 

Ini beberapa referensi dari saya tentang pemakaian anting2 lucu dari @deekholidah.


Fatty Tassel Earing. Cocok bagi yang suka bergaya boho alias bohemian style.
Peplum Pop Earing. Gimanah cucok ga eikeh ? tumben Feminin  sekali yaah.. hahaha :))
Sedikit tips bagi yang berhijab kayak saya, jadi si anting ini biar menjutainya pas dan indah kadang bisa dicantol di inner nya aja loh ga perlu ditusuk kupingnya.. hihi. Asal pas make ga rusuh goyang2 terus ya kepalanya biar antingnya ga gampang copot. haha. 

"Saat pom pom earing sudah terlalu mainstream jadi kami menjual yang model flower kayak gini" begitu kata owner Deekholidah yang masih muda belia bernama @nurkholidah_ . hehe.  Harganya pun juga terjangkau lho... ngga yang mahal mahal ala butik gitu. Biasanya harga bazar bisa lebih murah dibanding saat online. Suka ngadain giveaway juga di instagramnyaa .. seru kaan.. hehehe... terima kasih yaa @deekholidah :) 


Balik lagi ke workshop yaa... maaf sebelumnya saya memang ga detail menshare tentang teknik dan tips2 Motret Pakai HP Saja karena Roadshow workshop nya masih berlangsung loh sampai akhir tahun.. hihi next ada di Bekasi, Jakarta dan Tanggerang :D Untuk info lebih lengkapnya bisa follow instagram @YukBelajarbareng aja yaaah... Jadi bisa daftar dari sekaraang... asliii seru banyak ilmu yang didapat terutama yang seneng fotografi , bagi yang punya online shop atau blogger pemula inshaAllah bermanfaat banget deehh.... :))




Terima kasih sudah membaca, 

Salam :) 

Inka 










12 comments:

  1. aiih langsung kece fotonya mba Inka ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihihi amiiinn.. masih jauh kece sama foto2 dirimu :D

      Delete
  2. Kak Inka, seriously ini menarik banget karena aku tertarik sama photo styling tapi props suka terbatas. Hiks. Btw, earringnya lucu, tapi aku gapede pake gitu-gitu :""") You look beautiful pakai hijab macem-macem.

    cyndiadissa.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. Kak Inka, seriously ini menarik banget karena aku tertarik sama photo styling tapi props suka terbatas. Hiks. Btw, earringnya lucu, tapi aku gapede pake gitu-gitu :""") You look beautiful pakai hijab macem-macem.

    cyndiadissa.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa makasih cyndii... :* kamu mah ga usah pake macem2 aksesoris udah beautifuull.. hehe

      Delete
  4. halo mbak, asyik ya workshop nya berguna banget untuk teman-teman yang punya olshop ataupun blogger hihihi, mudah-mudahan nanti workshopnya bisa mampir ke kota saya juga huhuhuhu *nasib_blogger_desa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. pantengin aja terus akunnya @yukbelajarbareng kayaknya bakalan roadshow keluar kota, tapi sayangnya pas kmrn sih workshopnya buat perempuan only hehe

      Delete
  5. Aku mau banget ikut yg tanggal 5 nih. Semoga masih ada seat yah. Fotonya kece kece kak inka. Apalagi yg ada fruit loopsnya. Gemay kali��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa makasih ifaa.. cuss ikutan yang tgl 5 di Tebeet :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. foto kamu kece-kece semua inkaaaa :) jadi tambah semangat nih. aku suka yang clean and bright, BEV favoritnya :) semangat nabung beli props lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo jeng Rani... makasih udah mampir ke blog.. hihi iyaa semangat terus ngasilin foto2 bagus biar ilmu workshop kmrn kepake dan bermanfaat.. hehe atau buat mengasah skill foto coba ikutan komunitas fun fotografi di instagram hehehe.. aku juga masih belajar terus kok kadang masih suka bingung mati gaya haha

      Delete