Lifestyle. Beauty. Motherhood

Lifestyle. Beauty. Motherhood

Tuesday, September 27, 2016

Indonesian Hijab Blogger Event "From Blog To Vlog"

Saya sudah mulai blogging tahun 2009, 7 tahun yang lalu, tapi 3 tahun sempet absen nulis. Namun kalau untuk gabung komunitas blogger masih new bie banget, baru gabung tahun ini. Selama 3 tahun saya absen nulis,  sosmed makin booming, bermunculan banyak influencer, buzzer sosmed terutama blog dan instagram. Saat orang lain asik mereview produk, menginfokan tips ini itu yang bermanfaat bagi orang banyak saya masih asik curhat macam diary :D Orang lain udah pake kamera mahal dan hasil indah paripurna saya masih foto ala kadarnyaa :)) I feel so lame. haha.  Bahkan tren blog sekarang sudah mulai pindah ke Vlog alias Video blogger. 
Hari Sabtu tgl 24 Sept kemarin saya makin menyadari kalau ilmu saya masih ceteeeekk banget tentang dunia blog :)) Ya, saat itu saya pertama kalo dateng ke blogger event yang diadakan oleh Indonesian Hijab Blogger. 


Alhamdulillah berkat acara kemarin saya jadi dapet ilmu baru, teman teman baruu.. *sempet janjian kopdar juga sama Mayang yg sebelumnya kenal lewat instagram,* . Yeess kadang hidup terasa lebih berwarna jika kita masuk ke lingkungan baru yang memiliki kesamaan dengan kita. Contohnya saya : Ibu-ibu, hijabers, blogger. AHA ! haha ok ok stop dulu ah curhatnya, saya share aja yaah tentang kegiatan kemarin yang bertemakan "From Blog to Vlog" 

Acara tersebut di host dan moderator oleh ibu ibu blogger kece Suci Utami dan Ola Aswandi.  Bintang tamu sekaligus nara sumber Lulu Elhasbu (Vlogger, Model, Selebgram, designer, you name it) dan Hana Faridhl selaku Chief Officer Comunity dari Hijup. (kalau hijabers sih udah ga asing sama mereka smua) :D . Acaranya juga disponsori oleh Wardah, Hijup, Hi Lo Soleha dan lain lain. Tips membuat Vlog : 



Ki - ka : Hana Faridl, Lulu Elhasbu, Ola Aswandi. 

Poin Poin penting seputar tips membuat blog atau Vlog antara lain : 

1. Be who you want to be. 
Punya ciri khas, bisa membranding diri mau dilihat sebagai apa dan siapa. Kalau bahasa saya sih jadi diri sendiri kali yaaa. Yang disedihkan memang ABG ABG selebgram bandel *ga perlu sebut nama" yang bisa booming terkenal jadi idola. Sayangnya bukan sosok yang baik untuk ditiru :( 


2. Deliver Emotion.
Apa yang kita tulis / video in pesan dan emosinya bisa sampai ke pembaca sehingga bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. 


3. Aplikasi untuk membuat Vlog : IMovie, Quik, Hyperlapse. 
Saya baru coba sekali di rumah pake Quik, maklum gaptek, cuma masih bingung gimana cara biar suara kita keluar, karena di Quik pake latar musik. Kudu banyak ngoprek2 sih. 

4. Top  List : 
Apakah blog / vlog kita SEO friendly ? 
Sampai skrg saya juga masih bingung dan belajar gimana cara mengoptimalkan Search Engine Optimizer. Untuk membuat blog saya bisa menghasilkan saja juga masih bingung dan butuh bimbingan :D 

5. Hal -hal teknis seperti : Relevant tittle, write the right description, intersted cover, tags matters. 


Foto di depan banner IHB biar cihuy :p


Common mistakes yang bisa menghambat kita : 

1. Lazy To Browse.
Memang untuk jadi produktif kuncinya ya ga boleh males nyari info. Sering-sering baca blog orang lain. Naro2 komen istilahnya "blog walking".
2. Lack of research
Ini dia yang membuat diri kita ga berkembang karena minim nya reseach sana sini. 
3. Lack of Ideas.
Kadang niat juga terhambat karena ga punya ide mau nulis apa. Misalnya hidupnya datar atau ga punya keresahan sama sekali. Padahal tiap orang pasti punya hal yang bisa dishare. 
4. Lost your goals. 
Kalau tujuannya udah burem pastinya passion pun hilang. 



Cinnamon Rolls gemes dan enak dari
Yummy Treats Jkt . So Yum !!
Di akhir acara setelah sesi tanya jawab, ada kompetisi membuat mini vlog tentang lipstick wardah terbaru "Intense MAtte Lipstick" yang lagi super heiittss di kalangan beauty influencer. Seneng bgt donk dapet goodie bag isi itu :D . Kebetulan warna lipstick nya yang belum saya punya, yang agak choco2 gituuu.... kalo orang lain yang make terlihat kereeen tapi pas eike make ternyata ga cocok ciiyn jadi keliatan tua kayak mak lampir. ihihihi. 
Berhubung saya gaptek, belum punya aplikasi edit video di hp dan sinyal provider super jeleek *padahal emang quota juga ngepas* jadilah saya ga ikut yang lain bikin video. Malah ngapain sodara2.. ? NGEMIL !! .. hahaha *maafkan* :') padahal hadiahnya lumayan banget tuh kalo menang. hehe.




Event ini benar2 menyenangkan dan bermanfaat bagi sayaaa... menambah teman baru yang satu interest itu sangat seruuu,, InshaAllah kedepannya bakal produktif nge blog lagi dengan konten yang lebih baiiik.. lebih menariiik dan bermanfaat :D Mohon maaf kalo review eventnya seadanya bangeet :D maklum masih belajar :) 



Sesi foto bersama dengan para peserta Indonesian Hijab Blogger, Bintang tamu dan panitia @ Cre8 Working Space Cilandak.






7 comments:

  1. Wuihh rameee ya Mba Inka... seru banget kayaknya. Sayangnya aku jauuuh disini :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya Mindaaa.... Minda aslinya orang JKt yang ikut suami kerja di Samarinda yaa kalo ga salah ? :D smoga next bisa ikut yaaa...

      Delete
  2. Hai hai, kemaren kayaknya Inka dibelakang aku & aku ngantri pas lagi mo poto bareng sama Lulu hehehe, acara IHB kemaren seru & informatif banget, next time ketemuan colek2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiiii mba sandraaa.. selam kenaal ^^ ini yang salah 1 personel geng Blogger Horrey yang hits dan rame itu kaaan ? hehe oke next kalo ketemu lagi aku colek colek deeh :D haha

      Delete
    2. Huaaah, genk horeey yg bikin rusuh tapi aku mah pendiem *kemudian ditakol yg lain* hahahaha, semoga bisa ketemuan lagi ya Inka

      Delete
  3. Hi Kak Inka yeay akhirnya mampir blog kakak! :D

    Btw kece amat udah bikin event report. 4 jempol buat Kak Inka :D hehehehhe


    Salam kenal yah Kak Inka semoga soon bisa ketemu lagi :)

    Btw akupun sama problem Quiknya gara-gara suara. untung Mbak Hana baik banget mau jawab berondongan pertanyaanku hehehe. Tapi emang kudu ngoprek2 lagi. Practice makes perfect *tsah*

    Oiya Kak inka tipsnya ternyata suara harus kencang pas bikin vlog, soalnya kan nanti dicombine sama muci. terus biar suaranya muncul pilih mix di bagian soundnya :D

    ((sayang aku blm ngoprek-ngoprek lagi))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ifaaa... iya inshaAllah kita ketemu lagi yaaa.. event2 blogger bakalan ada terus kan yaaa hihi.... OH gitu cara biar suaranya keluar pilih mix di bagian sound yaa oke makasih Ifaaa tips nyaaa :*

      Delete